Berita BCA Berita BCA

Cari Merek Waralaba untuk Bisnis? Ini Merek Terpopulernya

Cari Merek Waralaba untuk Bisnis? Ini Merek Terpopulernya

Bila kamu sedang berencana merintis bisnis namun terbentur waktu yang terbatas untuk memikirkan ide dan merek, kamu bisa menyederhanakannya dengan waralaba. Ada banyak waralaba yang bisa kamu pilih.

Trans N Co Research baru-baru ini mengumumkan 25 merek perusahaan waralaba terpopuler di internet. Daftar untuk kategori Bisnis Franchise, Lisensi dan Kemitraan ini hasil kerja sama Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2016 dengan IM Focus (perusahaan strategi pemasaran digital).

Muncul 25 merek populer, seperti Alfamart, JNE, Martha Tilaar Salon Day Spa, Carvil, Shop & Dribe, Quick Chicken, Arfa Babershop, Diva Karaoke, Roboticseducation Centre, Rocket Chicken, Depo Air Minum Biru dan Sabana Fried Chicken.

Kemudian, Bebek Jumbo, MOZ5, TIKI, Kiddy Cuts, Bakmi Naga Resto, Era, Miracle, Voltras Agent Network, Snapy, Gian Pizza, Auto Bridal, ESL Express, dan Apotek Kimia Farma.

“Hasil survei Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 di Kategori Bisnis Franchise, Lisensi dan Kemitraan menggambarkan kondisi nyata di pasar. Merek dengan tingkat popularitas tertinggi di internet juga menguasai pangsa pasar yang baik,” kata Chairman TRAS N CO Research Tri Raharjo.

Tri bilang, merek-merek tersebut melakukan berbagai brand activation dan customer enggagement di internet yang berimbas pada penjualan dan penguasaan pangsa pasar di industrinya.

“Realita ini menarik, jika suatu merek ingin menjadi pemimpin pasar di industrinya, maka butuh pemasaran digital karena tren konsumen mengarah pada dunia digital,” ungkapnya.

Selain itu, merek yang masuk peringkat teratas di kategori bisnis franchise, lisensi dan kemitraan ini bisa jadi rujukan valid untuk membeli merek waralaba. “Bagi pembeli waralaba, Digital Popular Brand Index ini juga bisa menjadi referensi awal memilih bisnis waralaba,” kata Tri.

Terkait metodologi survei, CEO IM Focus Alex Iskandar bilang, parameter survei terdiri dari tiga aspek, Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.

IDPBA 2016 diberikan pada merek-merek Franchise, Lisensi dan Kemitraan dalam kategori produk tertentu yang memenuhi dua kriteria. Pertama, merek yang memperoleh nilai Popular Minimal 1.000 pencarian google per bulan atau total final skor minimal 15%.

Kedua, merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam tiga peringkat teratas di kategori bisnisnya. “Kriteria tersebut harus dipenuhi sebuah merek franchise, lisensi dan kemitraan agar berhak mendapat Digital Popular Brand Award,” kata Alex.

Para pewaralaba ini mampu memanfaatkan tren digital untuk menaikkan tingkat popularitasnya di internet dan mengukuhkan posisi teratas di industri.

Source : smart-money.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved