Dari Bakat Seni Hingga Sukses Bisnis Album Foto ( Bagian 1)

Bagi warga Semarang ataupun kota besar lainnya, Susan Photo Album tentu sudah tak asing lagi. Usaha ini sudah berdiri sejak 1964. Pemilihan nama Susan pun karena mudah diucap dan diingat.

Susan Photo Album

Susan Photo Album

Namun, kisah di balik berdirinya Susan Photo Album bukanlah hal yang mudah. Adalah Freddy Sinatra yang menjadi pendiri Susan Photo Album. Freddy yang saat itu seorang pelajar SMA hanya memiliki mimpi sederhana, yakni mencari tambahan uang jajan dan sekadar menabung untuk biaya memasuki jenjang kuliah

Berbekal jiwa seni dan keuletannya, ia memulai usaha membuat album foto. Semuanya dari nol. Namun, nasib berkata lain. Bisnis album foto Freddy berkembang pesat. “Saya hanya bermodal niat berbisnis dan mengumpulkan uang untuk kuliah,“ kenangnya.

Freddy bilang, di awal mendirikan bisnis, ia hanya dibantu dua karyawan untuk produksi dan mengemas album. Di awal berdiri ini, Freddy hanya mampu menghasilkan 20 album foto yang ia jual secara tradisional dari toko ke toko.

Fokusnya saat itu adalah memberi pelayanan terbaik pada konsumen tentunya seiring dengan kreativitas dan kualitas dari setiap album yang ia hasilkan. Produk berkualitas dan pelayanan yang baik berhasil memuaskan konsumen Freddy.

Berawal dari sini, pesanan terus mengalami peningkatan. Terbukti, hingga kini, karyawan Freddy sudah mencapai lebih dari 200 orang pekerja

“Dalam menjalankan bisnis, saya mengalir saja. Tiap kesulitan yang ada tak terlalu saya pikirkan. Hal terpenting adalah, bila konsumen puas, mereka pasti akan kembali,” ujarnya.

Guna mempertahankan loyalitas konsumen dan pangsa pasar, Freddy senantiasa melakukan inovasi. Seperti diketahui, kemajuan teknologi membuat album maupun cetak foto kini mulai berkurang.

Freddy pun harus mengikuti perkembangan zaman dan terus melakukan perubahan untuk bisa bertahan. Dalam hal ini, tak heran bila Freddy kerap mengunjungi pameran-pameran yang berkaitan dengan business-nya, di dalam dan di mancanegara untuk mencari ide.

Kini, Susan Photo Album mulai merambah ke pemasaran era baru, diantaranya dengan melakukan penjualan secara offline dan online yang didukung oleh teknologi cloud – based system.

Berlanjut ke bagian dua untuk mengetahui kisah penerus bisnis dan pendekatan Freddy.

Sumber: http://smart-money.co/bisnis/dari-bakat-seni-hingga-sukses-bisnis-album-foto-1


Baca juga:

Dari Bakat Seni Hingga Sukses Bisnis Album Foto ( Bagian 2)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *