Brands

Mio dan Nmax Bawa Yamaha Melesat

Mio dan Nmax Bawa Yamaha Melesat

Deretan motor Yamaha semakin digandrungi masyarakat. Mio Series dan Nmax ada di urutan teratas lima besar motor Yamaha paling laris berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) selama kurun Januari-Oktober 2016. Mio Series ada di angka 326 ribuan unit, sementara Nmax mencapai 207 ribuan unit. Disusul, V-Ixion, Fino 125 Blue Core, dan All New Soul GT.

“Merek yang menjadi best seller kami untuk pasar dalam negeri adalah Yamaha Mio. Sementara, untuk pasar ekspor adalah Nmax,” kata Sutarya, Direktur Sales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Skutik

Skutik Yamaha NMAX, produk andalan Yamaha di Indonesia

Menurut dia, Yamaha Indonesia rutin mengikuti sejumlah event promosi nasional dan area, iklan, dan aktivitas bersama komunitas yakni Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) untuk meningkatkan penjualan. Termasuk, melakukan penyegaran produk dengan Color & Graphic change. Di kelas motorsport, Yamaha tampil memukau bersama Syahrul Amin, juara nasional tahun 2016 kelas Sport 250 cc (menggunakan YZF-R25) dan kelas Sport 150 cc (menggunakan YZF-R15). Yamaha juga berpartisipasi dalam balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) dengan memakai motor YZF-25.

“Mereka juga berkesempatan mengirimkan dua pebalapnya Galang Hendra dan Imanuel Pratna dilatih langsung Valentino Rossi di Italia di “Master Camp VR46 Riders Academy”. Yamaha Sunday Race di sirkuit Sentul untuk mengakomodir hobi konsumen yang tertarik balapan.,” kata dia.

Dia menjelaskan, inovasi dan mengikuti tren untuk menjaga kebutuhan konsumen adalah harga mati agar Yamaha Indonesia terus mengorbit. Apalagi, konsumen sekarang sangat menuntut di era yang cepat berubaha. Dari era industrial, kini berubah ke custom customize, bukan hanya proudk yang selalu di-refresh sesuai keinginan konsumen. Tetapi, aktivitas yang melibatkan konsumen juga mesti diperbiki agar menghasilkan pengalaman berharga yang tak terlupakan.

“Strategi yang kami lakukan lainnya adalah peningkatan kualitas jaringan After Sales khususnya untuk konsumen premium melalui R Shop, layanan fast-pit (tanpa antri), SKY (Service Kunjung Yamaha) kemudian One to One Service,” ujar dia.

Pada pameran Indonesia Motor Show (IMOS) 2016, Yamaha meluncurkan label Maxi Yamaha yang menaungi skuter premium pabrikan Garputala. Produk Maxi Yamaha yang laris-manis menunjukkan tren pemilihan skutik premium. Pesatnya pertumbuhan kelas menengah memicu terjadinya pergeseran keinginan dan kebutuhan akan motor yang mewakili level kesuksesan seseorang. Tunggangan mesti yang terbaik di kelasnya dengan keunggulan desain, fitur, performance, technology, comfort dan handling.

“Maxi Yamaha juga memberikan kebanggaan buat pengendaranya. Konsep Maxi sudah populer di Eropa dan menguasai market di sana. Sekarang dibawa ke Indonesia lewat Tmax dan Nmax yang sudah dijual di sini. Xmax juga termasuk dalam Maxi Yamaha namun belum dipasarkan di Indonesia,” kata dia. (Reportase: Maria Hudaibyah Azzahra)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved