Brands

Sebulan, OLX Fasilitasi 1,6 Juta Transaksi

Sebulan, OLX Fasilitasi 1,6 Juta Transaksi

Punya barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi? Pilihan menjual lewat online tengah diminati dan OLX adalah salah satu tempatnya. E-commerce hasil merger berniaga.com dan tokobagus.com itu menawarkan jasa iklan baris online. Dengan didominasi C2C, pilihan barang yang dijual sangat beragam. Transaksi akan dilakukan secar langsung antara penjual dan pembeli.

“Saat ini, kami telah memfasilitasi 1,6 juta transaksi dengan nilai total transaksi Rp 37 triliun setiap bulannya. Jumlah ini bertumbuh secara signifikan dibandingkan Desember 2015, dimana kami mencatat 1.4 juta transaksi dengan nilai Rp. 16 triliun dalam satu bulan,” kata CEO OLX Daniel Tumiwa.

Menurut dia, kategori produk yang dijual mulai dari properti, otomotif, gadget, hingga jasa, keperluan pribadi, hobi dan olahraga, rumah tangga, serta perlengkapan bayi dan anak. Setiap bulan, ada sekitar 4.4 juta iklan baru di e-commerce yang hanya bertugas mempertemukan penjual/pengiklan dengan calon pembeli, tidak memfasilitasi pembayaran atau proses logistik.

(t-shirt hijau) Daniel Tumiwa, CEO OLX Indonesia

(t-shirt hijau) Daniel Tumiwa, CEO OLX Indonesia

“Target pasar kami usia 25-40 tahun, sudah memiliki pendapatan sendiri dan terhubung dengan internet. Namun, pergeseran sudah terjadi yakni merambah pelajar. Mereka melihat OLX adalah solusi untuk mendapatkan barang berkualitas tanpa perlu membebani orang tua. Kami juga mulai merambah pasar perempuan,” kata dia.

Dia menjelaskan, kaum hawa adalah pasar yang potensial. Mereka sering mengunjungi OLX, platfomr iklan baris terbesar di Indonesia, untuk melihat deretan iklan baru baru masuk. Kegiatan ini biasanya berakhir dengan transaksi. Selain dari pendapatan iklan, OLX juga menyediakan beberapa fitur berbagai bagi para penjual yang fungsinya untuk mendatangkan lebih banyak calon pembeli.

“Sumber pendapatan terbesar kami adalah dari fitur berbayar di OLX. Kami hanya platform iklan baris, tidak memfasilitasi pembayaran, transaksi langsung antara penjual dan pembeli. Kami juga tidak menggelar program diskon atau yang lainnya untuk menstimulasi transaksi,” katanya.

Oleh karena itulah, keberhasilan penjual sangat penting untuk kelangsungan bisnis OLX. Testimoni penjual yang menyebutkan barang sudah laku dalam hitungan hari, bahkan jam atau menit sangat bermanfaat untuk memikat para penjual baru untuk memasang iklan di OLX. Dengan metode pengukuran terstruktur untuk membantu meningkatkan kesuksesan pengguna dari sisi pembeli maupun penjual.

“Kami tak henti memonitor secara intensif. Kami juga memiliki tim riset khusus dan Customer Service yang terus menjalin komunikasi dengan para pengguna. Edukasi kepada masyarakat untuk memahami perbedaan ragam bisnis e-commerce juga sangat krusial,” kata dia.

(Reportase: Syukron Ali)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved