Penjualan Laptop Toshiba Unggul di Tiga Daerah

Share :

    Nama Toshiba dalam deretan vendor PC memang sudah tidak asing. Brand asal Jepang ini selalu bertengger di lima besar pengiriman PC terbesar versi International Data Corporation (IDC). Uniknya, di antara keempat pesaingnya, Toshiba merupakan satu-satunya vendor yang tidak bermain di ranah PC desktop.

    IDC belum lama ini merilis lima besar vendor PC dengan pengiriman terbesar ke Indonesia. Acer dan Asus masih merajai pasar di angka lebih dari 15%. Lenovo menyusul 8,36% kemudian Toshiba. Per kuartal ketiga 2012, Toshiba menguasai 8,36% pasar PC Tanah Air.

    IDC mendefinisikan PC di sini sebagai segala perangkat komputasi seperti commercial desktop, consumer desktop, commercial notebook, dan consumer notebook. Yang menjadikan Toshiba unik adalah vendor tersebut tidak berlaga di ranah desktop. Ini berarti bahwa sekitar 99.484 PC yang masuk ke pasar PC Indonesia adalah notebook baik commercial maupun consumer.

    Toshiba bukan tidak memiliki portofolio desktop sama sekali. Ia merupakan pemain baru di area ini. Toshiba memiliki belasan varian desktop All In One (AIO). Tipe ini belum bisa banyak bicara di pasar PC mengingat harga yang masih melambung.

    “Kekuatan brand Toshiba secara umum itu sendiri yang mendorong permintaan notebook Toshiba,” tutur Deddie Sionader, analis pasar IDC Indonesia untuk client device kepada SWA Online. Ia menuturkan, rekam jejak positif dari peralatan elektronik Toshiba lain seperti lemari es merambat ke penjualan notebook. Konsumen percaya kualitas Toshiba elektronik sehingga berani memutuskan untuk melengkapi perangkatnya dengan notebook bermerk sama.

    “Jangan salah, notebook Toshiba unggul di daerah-daerah, terutama di Jawa,” ungkap Deddi. Basis notebook Toshiba berada di daerah Sumatera, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

    Meski demikian, Deddi mengingatkan kelima vendor tetap harus waspada. Ia memprediksi brand lokal Axio akan menggoyang vendor top yang sudah ada. Adanya peraturan baru tentang prosedur impor barang yang memperpanjang time to market vendor asing diyakini akan membuat Axio semakin lincah berlaga. Apabila hal ini terjadi, maka vendor yang paling terancam posisinya adalah Toshiba dan HP. (EVA)

    Share :

      by Tika Widyaningtyas on 18th Dec 12
      Posted in Business Research

      Share

      View or Post Comments.