Business Research

Survei TNS : Tren Menonton TV Online Meningkat

Survei TNS : Tren Menonton TV Online Meningkat

tns-connected-life-infographic-apac-jul2014

Tren penggunaan perangkat digital yang terus meningkat ternyata memengaruhi kebiasaan orang dalam menonton televisi. Berdasarkan hasil riset global yang dilakukan TNS, kebiasaan menonton televisi mengalami perubahan yang cepat. Penduduk usia dewasa memang masih menyukai televisi, tetapi saat ini televisi tidak menjadi satu-satunya perangkat yang dipakai untuk memuaskan rasa haus akan konten. Hal ini lah yang kemudian mendorong tumbuhnya media online dan berujung pada ‘screen stacking’(menggunakan beberapa perangkat digital secara bersamaan).

Dari Connected Life, riset terhadap lebih dari 55 ribu pengguna internet di 50 negara, ditemukan bahwa 48% responden menonton televisi di malam hari sambil menggunakan perangkat digital lain seperti berinteraksi di sosial media, mengecek email atau melakukan belanja online. Untuk Indonesia, jumlah responden yang melakukan hal tersebut adalah 38%.

Melalui survei ini juga ditemukan bahwa setiap orang memiliki lebih dari satu perangkat. Orang Indonesia rata-rata memiliki dua atau tiga perangkat digital, sedangkan orang Australia, Jerman dan Inggris memiliki hingga lima perangkat.

Joe Webb, Head of Digital TNS Asia Pasifik, menyebutkan, penggunaan perangkat digital secara terus menerus tampak jelas selama Pertandingan Piala Dunia FIFA beberapa waktu lalu. “Penduduk di seluruh dunia menonton pertandingan tersebut dengan berbagai cara melalui beragam perangkat digital, baik televise, tablet atau telepon genggam sembari berinteraksi di berbagai sosial media,” paparnya.

Keinginan untuk menonton acara favorit berjam-jam lah yang mendorong penggunaan televise online, sehingga mereka menggunakan banyak perangkat. Sebanyak 25% responden di seluruh dunia saat ini mulai menonton melalui PC, laptop, tablet atau telepon genggam setiap hari. Hal ini juga terjadi di Singapura (33%) dan Hongkong (32%). Sementara di Indonesia, hanya 6% yang menonton televisi secara online. Mayoritas penduduk Indonesia sebesar 93% masih menonton di depan televisi setiap hari.

Webb menyebutkan, meski televisi masih dominan di Indonesia, pihaknya melihat keinginan untuk menonton dalam bentuk lain melalui perangkat lain masih meningkat. “Seiring dengan meningkatnya kecepatan data dan smart phone semakin terjangkau, kami optimis tren ini akan terus meningkat,”.

Dengan tren menonton secara online ini, banyak perusahaan media besar memperoleh keuntungan dengan menyediakan layanan on-demand seperti BBC iPlayer, Hulu atau HBO GO yang memungkin masyarakat mengakses konten-konten premium di manapun mereka berada. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved