Home » Business Research » Talent Management, Kunci Pertumbuhan Industri Tahun 2013

Talent Management, Kunci Pertumbuhan Industri Tahun 2013

Menyongsong tahun 2013,  kondisi perekonomian Indonesia masih mampu memberikan harapan terhadap dunia bisnis di Indonesia. Diperkirakan beberapa sektor industri di Indonesia akan memiliki potensi pertumbuhan yang baik di tahun 2013, bahkan untuk beberapa tahun ke depan.

Beberapa sektor industri diprediksi akan cerah prospeknya tahun 2013 (IMS)

Hal tersebut disampikan Eddy Tamboto, Partner and Managing Director The Boston Consulting Group (BCG) Indonesia. Melalui surat elektronik yang dikirimkan,

 

Eddy meyakini pertumbuhan sektor industri di Indonesia, secara umum tetap akan mengalami pertumbuhan. “Salah satu pendorong ekonomi Indonesia adalah the middle & affluent class,” sebut Eddy.

Eddy menyampaikan, berdasarkan riset yang dilakukan BCG, pertumbuhan middle & affluent class tersebut, diprediksi akan mengalami pertumbuhan, dari yang saat ini 70 juta orang, menjadi  140 juta orang di tahun 2020. Mereka akan menjadi konsumen yang memiliki daya beli yang akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini lah, yang lantas disebut Eddy yang akan menjadi salah satu faktor pendorong tumbuhnya beberapa sektor industri di Indonesia pada  2013 mendatang.

Hal ini tentu menjadi perhatian bagi beberapa pelaku industri di Indonesia agar mampu memanfaatkan peluang yang ada di tahun 2013 mendatang. Beberapa pelaku industri mungkin memiliki perhatian yang berbeda antar satu dengan yang lainnya, sesuai dengan industrinya masing-masing. Namun Eddy melihat, ada beberapa hal yang sepatutnya menjadi bahan pikiran bagi setiap pelaku industri. Salah satunya adalah persoalan mengenai talent management.

Menurut survei yang dilakukan BCG terhadap eksekutif di lebih dari 30 perusahaan ternama di Indonesia tahun 2012, talent management menjadi perhatian yang cukup serius bagi perkembangan perusahaan mereka masing-masing. Menurut Eddy hal ini merupakan sesuatu yang sangat logis. Karena di Indonesia, secara umum memang masih mengalami kendala dalam memenuhi talent yang siap berkontribusi ataupun siap memimpin di jenjang top management, middle management maupun entry level.

Market kita besar dan memiliki potensi yang juga besar. Kebanyakan perusahaan tidak kekurangan kesempatan. Tetapi banyak perusahaan kekurangan orang untuk menggarap kesempatan ini,” ujar Eddy. Untuk itu, menurutnya, hal penting yang perlu dilakukan para pemimpin perusahaan adalah, apakah mereka memiliki program talent management yang terintegrasi dan holistik, yang mencakupi talent planning, attracting, assessing, developing, and engaging untuk mencapai apa yang BCG sebut sebagai People Advantage.

Meski bagaimanapun, optimisme masih perlu dipelihara oleh para pelaku industri di Indonesia dalam menyambut tahun 2013. Beberapa sektor industri yang diprediksi akan mengalami pertumbuhan di tahun 2013 mendatang adalah, consumer goods, retailing, consumer durables, otomotif, perbankan, building materials dan lain lain.(EVA)

 

SHARE SOCIAL MEDIA

LEAVE A REPLY


five + = 13