Home » Business Research » TripAdvisor : Jakarta Kota Wisata Termurah di Dunia

TripAdvisor : Jakarta Kota Wisata Termurah di Dunia

Share

TripAdvisor, situs perjalanan terbesar di dunia memaparkan survei tentang perbandingan biaya menikmati malam untuk dua orang di 48 kota wisata di dunia. Survei yang bertajuk “TripIndex 2012” itu menempatkan Jakarta sebagai salah kota termurah di dunia.

Pemandangan Kota Jakarta

Kota wisata termurah pertama ditempati oleh Hanoi, Vietnam dengan total biaya sekitar US$ 141,12. Posisi kedua dan ketiga, Beijing, China dan Bangkok, Thailand dengan biaya US$ 159,05 dan US$ 161,90. Peringkat ke empat Budapest, Hungaria, dan Kuala Lumpur, Malaysia. Sedangkan Jakarta bertengger diposisi delapan, di atas Sofia, Bulgaria dan Tunis, Tunisia, dengan total biaya US$ 204,59. “TripIndex membantu para wisatawan mengetahui tempat yang akan memberi lebih banyak dengan uang yang mereka miliki,” kata Jean Ow-Yeong, juru bicara TripAdvisor.

TripIndex dari TripAdvisor dihitung dalam dollar AS dan didasarkan pada biaya total menginap satu malam di hotel bintang empat, minuman koktail, makan malam berupa makanan pembuka dan utama dengan sebotol anggur dan biaya transportasi pulang pergi dengan taksi (dua perjalanan dengan jarak masing-masing sekitar 3,2 km). Biaya yang ada dalam daftar akurat untuk periode 1 Juni hingga 31 Agustus 2012)

Dalam laporannya, biaya hotel adalah faktor terpenting dalam menentukan kota-kota paling terjangkau. Kota dengan rata-rata biaya hotel paling terjangkau adalah Bangkok dengan US$81,13 (Rp 760.594) per malam, sementara Jakarta membebani biaya US$124,24 (Rp 1.164.750) per malam.

Biaya rata-rata kamar di sepuluh kota paling murah hanya US$113,32 (Rp 1.062.375), sementara harga rata-rata kamar hotel di kota-kota termahal adalah US$261,99 (Rp 2.456.156). Ini berarti harga kamar di sepuluh kota termahal lebih dari dua kali lipat dari sepuluh kota yang paling murah.

Asia Tenggara diklaim sebagai kawasan yang memiliki paling banyak kota yang masuk dalam daftar sepuluh kota paling murah, termasuk Hanoi yang menempati urutan teratas, sementara Bangkok, Kuala Lumpur dan Jakarta masing-masing di posisi ketiga, kelima dan kedelapan,” Jean menambahkan.

Sedangkan untuk kota termahal, kawasan Eropa masih mendominasi. Biaya hotel rata-rata yang paling mahal adalah London yakni sebesar US$361,64 (Rp 2.456.156). Ini artinya harga kamar hotel di London lebih dari empat kali lipat harga kamar hotel di Bangkok.

Kota termahal selanjutnya, Oslo, Zurich, Paris, Stockholm, Moskow dan Kopenhagen masing-masing berada di posisi kedua, ketiga, keempat, kelima, ketujuh dan delapan.(EVA)

SHARE SOCIAL MEDIA

RELATED POSTS

Sorry, no related post.

LEAVE A REPLY


1 × three =