Home » Business Strategy » APKASI Gelar AITIS 2013 untuk 175 Kabupaten

APKASI Gelar AITIS 2013 untuk 175 Kabupaten

Middle dan buying class berkumpul di Jakarta. Tapi, potensi-potensi usaha tersebar di berbagai kabupaten dan daerah. Artinya, pusat dan daerah harus saling membuka kesempatan usaha, terutama buat daerah.

AITIS 2013

Dalam rangka memberi sorotan lebih pada potensi daerah, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menggelar APKASI International Trade and Investment Summit (AITIS) 2013. Bertajuk “Menjangkau Daya Saing Sektoral dalam Ekonomi Global”, pameran perdagangan dan investasi ini mengekspos 175 pemerintah kabupaten, 7 pemerintah kota, dan 5 pemerintah provinsi selama 3 hari.

APKASI mempersiapkan 320 booth. Dan untuk hari ini, kami harus menambah booth sampai menjadi 348,” ujar Isran Noor, Ketua Umum APKASI, bertepatan dengan pembukaan AITIS 2013 (15/5). Dari total 348 penyewa booth ini, sebanyak 21 di antaranya merupakan BUMN serta perusahaan swasta macam Lippo Group, kelompok usaha milik Kiki Barki, dan Antoni Salim.

AITIS 2013 tak hanya memamerkan potensi pariwisata seperti di Kabupaten Morotai, Raja Ampat, dan Wakatobi. Ada lagi potensi makanan khas daerah, kain tradisional, teknologi alternatif, dan perikanan.

Potensi energi juga luar biasa. Salah satunya adalah panas bumi,” imbuh Bando Amin C. Kader, Bupati Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Ia melanjutkan bahwa pada kesempatan AITIS 2013, APKASI juga menandatangani nota kesepahaman dengan para pelaku usaha dan pemangku kepentingan ekonomi, baik dalam maupun luar negeri. Salah satunya adalah kerja sama antara Kabupaten Kepahiang dengan BPPT. (EVA)

SHARE SOCIAL MEDIA

LEAVE A REPLY


+ 6 = twelve