Marketing Strategy

Cara Jitu Smartfren Menjadi Buah Bibir Masyarakat

Cara Jitu Smartfren Menjadi Buah Bibir Masyarakat

Smartfren salah satu brand yang paling banyak dibicarakan. Roberto Saputra, Head of Brand & Corporate Marketing Communication Smartfren, berbagi rahasia yang menjadi kunci utama sehingga brand-nya banyak dibicarakan. Salah satunya adalah kecepatannya dalam menyikapi perubahan di dunia marketing.

Perubahan dunia yang begitu cepat, juga memengaruhi dunia marketing. Perubahan dunia ini membawa tantangan tersendiri untuk marketer dan tentunya bagaimana cara marketer dalam menyikapi hal ini. Perubahan ini menggiring ke dalam situasi dimana yang cepat akan mengalahkan yang lambat, sudah bukan menjadi era dimana market leader merasa menjadi raksasa.

Roberto Saputra

Roberto menyampaikan 6 perubahan yang terjadi dalam 10 tahun terakhir. Pertama, ke depannya televisi akan menjadi internet. Kedua, fenomena maraknya penggunaan smartphone. Smartphone akan menjadi gadget yang akan selalu ada, pada saat kita tidir dan akan tidur lagi. Smartphone akan menjadi tools yang sangat penting bagi kita.

Ketiga, di Indonesia terjadi keadaan more social more sharing. Penggunaan media sosial membuat semua orang dapat berbagi dengan ribuan temannya yang ada media sosial tersebut. Dalam hitungan detik, hal yang dibagikan itu akan diketahui oleh banyak orang. Keempat, tingginya penggunaan pencarian secara online. Era sekarang, pencarian secara online dijadikan cara utama dalam untuk melakukan survei jika ingin membeli sesuatu. Kelima, dalam hal advokasi dan trust. Online sudah menjadi sumber referensi untuk dipercayai asala berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya. Terakhir, yang terakhir, penggunaan data di negara kita mengalami kenaikan sebanyak 5 kali lipat. Artinya, konsumen kita akan lebih banyak mengonsumsi konten.

Konsumen menjadi salah satu kunci mengapa Smartfen menjadi pembicaraan. Mengacu kepada kepada pengalaman konsumen smartfren mencoba membangun hubungan dan menciptakan kepercayaan konsumen. Gadget sebagai benda yang selalu ada dalam kehidupan konsumen. Selain itu, konsumen juga senang membicarakan tentang gagdet, oleh karena itu, Smartfern menghadirkan cara-cara untuk memenuhi kesenangan konsumen tersebut dengan gagdet.

Smartfren memilih untuk memberikan informasi mengenai harga, spek, dan keunggulan dari produk gagdet Smartfren sendiri, untuk memenuhi kebutuhan konsumen terkait informasi mengenai gadget. Penyajian informasi ini terkait dengan semakin banyaknya konsumen yang memilih pencarian informasi secara online. Selain itu, Smartfren juga membuat event untuk membagi handphone gratis, kita menggunakan media sosial untuk membuat konsumen ikut berpartisipasi. Kegiatan ini membuat Smartfen menjadi trending topic pada saat itu. Kedua hal ini diharapkan dapat membangun pengalaman positif bagi konsumen, sehingga konsumen pun akan menveritakan hal yang positif kepada teman-temannya.

“WOM itu penting karena apa yang teman saya sampaikan itu lebih dipercaya daripada apa yang brand itu sampaikan. Survei Nielssen menyebut WOM dan apa yang disampaikan temannya benar-benar mempengaruhi keputusan seseorang. Oleh karena itu kita dituntut jeli untuk memposting di sosial media. Fokus apa yang benar-benar penting untuk konsumen,” ucap Roberto.

Konsumen juga akan lebih tertarik untuk membicarakan tentang device-device dibandingkan membicarakan tentang provider network mereka. Artinya, konsumen akan semangat jika membicara gadget daripada membicara provider mereka. Dari situ, jika Smartren ingin memulai pembicaraan dengan konsumen dan harus mulai dari topik yang mereka tertarik untuk dibicarakan. Itu hal yang kita bangun, yaitu melaui device-device kita. Itu menjadi salah satu sebab adanya brand Andromax di Smartfren. Sebagai marketer kita juga tidak bisa secara langsung menawarkan produk kepada konsumen, dibutuhan tahapan hingga akhirnya masuk ke tahap menjual.

“Jadi menurut saya, saat kita membuat rencana, ada tahapan dimana kita tidak boleh langusng, to the point menjual. Kita ada bagian untuk informasi mengenai gadget sehingga membangun hubungan dan rasa percaya. Ketika dua poin ini terbentuk, mareka akan bertanya, dan di situ lah saat kita untuk mulai menjual,” tambah Roberto. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved