Home » Business Strategy » IDC: Pemilu Pesatkan Penjualan Printer Format Besar di 2012

IDC: Pemilu Pesatkan Penjualan Printer Format Besar di 2012

Share

Penjualan printer format besar (large format printer/LFP) baik pasar grafis maupun teknis diketahui tumbuh 40,1 persen year-on-year (YoY) tada 2011. Angka ini diperkirakan akan terus naik pada 2012. Pasar grafis diperkirakan tumbuh lantaran adanya permintaan printer berbasis larutan. Selain itu pertumbuhan megaproyek juga akan memicu naiknya permintaan printer berbasis cairan pada segmen pasar teknis.

Analis Asosiasi Pasar Peripheral, Muhammad Ikhwan mengatakan, “Pasar grafis diperkirakan tumbuh secara substansial dalam beberapa bulan mendatang karena pemilu di paruh kedua 2012 dan pemilihan presiden di 2012. Peristiwa besar ini akan mendongkrak permintaan signage yang menggunakan tinta pelarut.”

Di pasar grafis, printer berbasis pelarut telah menunjukkan tren pertumbuhan yang positif dalam beberapa kuartal terakhir. Penggunaan tinta pelarut dalam pasar grafis menyusul penggunaan tinta berair sejak kuartal ke 4 2010. Namun, karena harganya yang tergolong tinggi, penjualan lateks dan tinta UV tidak sefantastis tinta pelarut untuk pasar grafis.

Pangsa pasar tinta pelarut pada pasar grafis 2011 mencapai 55,7 persen, naik 16,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Perhelatan SEA Games dan pemilu adalah dua peristiwa besar 2011 yang mendongkrak permintaan grafis berbasis pelarut.

IDC mengamati bahwa adanya pergeseran budaya cetak, dari sablon ke digital printing. Warung-warung di Indonesia pun bahkan sudah menggunakan signage dengan tinta pelarut untuk display dan promosi.

Sumber: IDC Asia Pacific LFP Tracker, Q4 2011

“Berkat lonjakan proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia baik dari sektor swasta maupun pemerintahan, IDC memprediksikan adanya peningkatan permintaan pada pasar LFP dari pasar teknis segmen arsitektur, engineering, dan konstruksi,” lanjut Ikhwan.

Tahun ini saja pemerintah Indonesia sedang melakukan lebih dari 50 proyek infrastruktur dan industri senilai US$17,7 milyar. Proyek tersebut akan memacu pertumbuhan pasar teknis LFP khususnya format 42 inch hingga 44 inch. Tinta cair masih mendominasi pasar teknis dengan pangsa pasar 97,6 persen pada 2011. Permintaan akan toner dan tinta padat LFP masih sangat rendah dibandingkan LFP cair yang lebih ekonomis. Harga memang masih menjadi faktor penting bagi konsumen Indonesia di pasar teknis.

SHARE SOCIAL MEDIA

LEAVE A REPLY


− 2 = six