Marketing Strategy

Inovasi Jotun Majestic True Beauty untuk Kesempurnaan Cat Interior

Inovasi Jotun Majestic True Beauty untuk Kesempurnaan Cat Interior

Cat interior seperti apa yang Anda butuhkan? Ketika pertanyaan itu dilontarkan rata-rata konsumen menjawab ingin cat yang tahan lama, banyak pilihan warna, tidak berbahaya, mudah dibersihkan, hasil pegecatan tampak mewah dan ramah lingkungan.

Banyak orang yang penasaran apa mungkin sebuah produk cat bisa memenuhi berbagai tuntuntan konsumen seperti itu. Keraguan itu terjawab dengan inovasi produsen cat Jotun yang menghadirkan seri Jotun Majestic True Beauty.

(ke-3 dari kiri) Eric Mallace, Presiden Direktur Jotun Indonesia

Ya, tanggal 25-26 April 2014, Jotun Indonesia meluncurkan produk terbarunya Jotun Majestic True Beauty, cat interior premium yang mampu memberikan warna-warna indah untuk tampilan interior yang elegan sesuai dengan keinginan penggunanya.

Dengan mengecat pakai Jotun Majestic True Beauty, dinding rumah akan memiliki hasil akhir yang halus, mewah, tahan lama, serta mudah dibersihkan. Jotun Majestic True Beauty dilengkapi dengan fitur eksklusif True Colour Technology, yaitu formulasi unik dari bahan-bahan dasar cat yang berkualitas tinggi sehingga memastikan ketahanan cat menjadi lebih lama dengan akurasi serta konsistensi warna yang baik. Fitur unggulan lainnya adalah EcoHealth yang menjamin bahwa cat ini aman untuk lingkungan.

Terobosan Jotun Majestic True Beauty diluncurkan karena produsen cat asal Norwegia ini memahami bahwa memiliki rumah yang indah adalah harapan setiap orang. Tingginya pemahaman Jotun terhadap kebutuhan konsumen ini dikarenakan Jotun sudah berkiprah lebih dari 90 tahun di pasar global.

“Tim Riset dan Pengembangan Jotun juga berperan penting dalam hal ini karena berkat mereka, Jotun selalu berhasil dalam menjaga standar kualitas melalui inovasi-inovasi yang diciptakannya. Majestic True Beauty yang kami luncurkan ini menjadi salah satu bukti keseriusan Jotun dalam menghadirkan produk-produk premium berkualitas guna terciptanya kepuasan konsumen,” ujar Eric Mallace, Presiden Direktur Jotun Indonesia.

Menurut Eric, cat indah dipercaya dapat meningkatkan semangat dan mampu menghadirkan nilai hidup yang sejati. Rumah akan terlihat lebih atraktif, selalu tampak segar dan menawan jika mendapatkan sentuhan akhir pengecatan secara profesional.

Dalam mengecat rumah maupun kantor, kualitas cat terbaik menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan cat. Tidak ada kata kompromi untuk kualitas. “Produk terbaru Jotun, yakni Majestic True Beauty diciptakan secara istimewa dengan kualitas terbaik agar dapat memberikan sentuhan akhir pengecatan yang luar biasa indah, sehat dan aman, serta tahan lama,” tambah Eric.

Pendapat Eric diperkuat oleh pernyataan distributor Jotun. “Cat Jotun tidak berbau dan pilihan warnanya bagus-bagus, sehingga lebih mudah menjual ke konsumen,” ucap Sutrisno dari PT Warna Terang, salah satu distributor Jotun yang jumlahnya sekitar 710 diler di seluruh Indonesia.

Maklum, jika dibentangkan koleksi warna cat Jotun sekitar 99 ribu warna. “Saking banyaknya pilihan warna cat Jotun, sampai-sampai ada warna yang tidak bisa disebutkan namanya,” tambah Husodo Hoe, Decorative Marketing Manager Jotun Indonesia, dengan nada bercanda.

Dijelaskan Husodo, untuk memilih cat yang berkualitas gampang. “Tipsnya antara lain hasil pengecatan cukup dua kali gosokan sudah sempurna, anti bakteri, tahan 10.000 kali gosokan, kekayaan warnannya terjaga, teknologi anti noda,” Husodo menguraikan.

Dengan mutu yang premium itu, tak heran jika cat Jotun menjadi pilihan untuk mengecat gedung-gedung premium. Jotun dipercaya untuk melindungi dan memperindah gedung-gedung, hunian maupun mahakarya arsitektur di dunia, seperti Menara Eiffel – Paris, Burj Khalifa – Dubai, Burj Al Arab – Dubai dan Marina Bay Sands – Singapore. Pemilihan nama brand sendiri melambangkan sesuatu yang dapat dipercaya, nyata dan memiliki nilai tinggi yang berfokus pada kesehatan, keamanan dan komitmen terhadap lingkungan.

Bagaimana dengan goresan Jotun di Indonesia?

“Cat Jotun sudah digunakan untuk pengecatan di gedung Kuningan City, Mal Grand Indonesia, Hotel Kempinsky Bali dan Hotel JW Mariott Medan,” kata Victor Taslim, Business Segment Manager-Decorative Segment, Jotun Indonesia.

Tidak hanya korporasi, konsumen ritel pun puas menggunakan cat Jotun. “Saya sudah sejak 10 tahun lalu menggunakan cat Jotun untuk mempercantik cat rumah. Setiap 5 tahun sekali, cat rumah saya ganti agar tercipta suasana baru dan betah di rumah. Beli catnya di toko bahan bangunan di Bekasi,” ujar Linda, konsumen Jotun yang tinggal di perumahan elit Jaka Sampurna, Bekasi.

Prospek bisnis Jotun di Indonesia

“Dengan kehadiran produk terbaru Jotun Majestic True Beauty, kami optimistis dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan Jotun di Indonesia hingga 50%,” jelas Eric Mallace, Presiden Direktur Jotun Indonesia seraya menyebut Jotun penetrasi ke pasar Indonesia sejak tahun 1985.

Jotun agresif menggarap pasar di Indonesia, karena potensi pasarnya sangat besar. “Market size cat dekoratif di pasar Indonesia mencapai sekitar US$ 500 juta dan market share Jotun 10%,” ujar Husodo Hoe, Decorative Marketing Manager Jotun Indonesia, menegaskan.

Hingga kini penjualan Jotun di Indonesia masih didominasi cat interior. Komposisinya 60-70% penjualan car interior dan 30% cat eksterior.

Sesuai dengan kualitas produk yang premium, Jotun pun membidik segmen pasar middle up. Sebagai gambaran harga cat Jotun Majestic True Beauty seri Matt dibanderol mulai Rp 140 ribu/kaleng dan seri Sheen mulai Rp 180 ribu/kaleng.

Sebagai salah satu pionir manufaktur cat, pelapis dan powder coating, Jotun terus ekspansi. Pada akhir tahun 2013, grup ini memiliki 70 perusahaan dan 36 fasilitas produksi dengan representatif (agen, kantor cabang, distributor) dan kantor sales yang tersebar di 90 negara di seluruh dunia.

Total penjualan Jotun tahun 2013 tercatat NOK 16 miliar (NOK=Norwegian Krone) dan telah mempekerjakan lebih dari 9.400 karyawan di seluruh dunia. Jotun Group beroperasi pada empat divisi dan tujuh wilayah regional dengan kantor pusat yang terletak di Sandefjord, Norway.

Bagaimana dengan komitmen Jotun di Indonesia?

Sangat serius menggarap pasar Indonesia yang seksi ini. Lihat saja komitmen mutu tidak main-main dengan mengantongi sejumah sertifikasi kualitas. Ada sertifikat ISO 9001: 2008, ISO 14001: 2004 dan OHSAS 18001:2007, sehingga semua produk cat yang dihasilkan merupakan produk ramah lingkungan. Selain segmen Decorative Paints, Jotun juga bergerak di segmen Marine Coatings, Protective Coatings dan Powder Coatings.

Bahkan Jotun juga mendirikan pabrik di Indonesia dengan bendera PT Jotun Indonesia, terletak di MM2100 Kawasan Industri Bekasi. Pabrik tersebut mempekerjakan lebih dari 800 orang pekerja dengan kapasitas produksi tercatat mencapai lebih dari 30 juta liter pada akhir tahun 2013. Sebaran produk sudah mencapai seluruh Indonesia melalui 710 Jotun Multicolor Centre yang didukung oleh enam kantor pemasaran di Batam, Pekanbaru, Medan, Balikpapan, Makassar dan Surabaya.

Gaya manajemen Jotun Indonesia mengusung value yang berfokus pada tiga hal yaitu 3P + I yaitu People (Jotun peduli dengan kemanan produk maupun proses produksi bagi para stakeholders), Profitability (Jotun berfokus pada profit sebagai indicator untuk value yang sudah diberikan kepada konsumen), Position (Jotun bertujuan untuk menjadi pemimpin pasar) dan Innovation (Jotun berkomitmen untuk memimpin dengan produk inovatif terdepan).

Jangan kompromi dengan kualitas cat

Pakar desain interior, Dina Hartadi, menegaskan, sebenarnya harga cat itu komponen yang paling murah dalam mempercantik interior rumah. “Bandingkan dengan harga korden, karpet atau mebelnya,” jelas salah seorang pemrakarsa lahirnya Green Building Council Indonesia (GBCI) itu mencontohkan.

Pakar desain interior, Dina Hartadi (baju putih)

Pakar desain interior, Dina Hartadi (baju batik pink)

Untuk itu, jangan tanggung-tanggung dalam memilih cat. Pilihlah yang berkualitas tinggi dan jangan pernah mau berkompromi untuk hal ini. Sebab, kualitas catlah yang akan menentukan terciptanya warna yang indah dan cantik, serta mampu bertahan lama. Warna yang cantik adalah warna yang solid, dan soliditas warna biasanya tidak ditemukan di cat-cat yang tidak terjamin kredibilitas brandnya

Para pemilik rumah yang bangga akan rumahnya bersedia melakukan hal yang luar biasa supaya dapat mempercantik rumah, salah satunya dengan memadupadankan seluruh komponen dan furnitur yang mencerminkan jati diri serta cita rasa mereka yang tinggi. Satu hal penting dalam upaya mempercantik rumah adalah memilih cat yang tepat. Sebab, cat yang tepat dapat menjadi aset bernilai yang memiliki jangka waktu yang panjang.

Menurut Dina, warna merupakan faktor terpenting dalam menghidupkan ruh atau style sebuah interior. Artinya, pemilihan warna cat yang baik akan membuat suasana ruang lebih nyaman, style yang dipilih juga akan semakin terlihat kuat, sehingga mampu membangun suasana hati yang diinginkan penghuninya. Untuk itu, sebaiknya ruangan dicat ulang secara berkala 2 hingga 5 tahun sekali untuk menyesuaikan keindahannya dengan perubahan selera, tren warna, ataupun perkembangan usia. Mempercantik intertior secara berkala juga mampu menghadirkan dampak psikologis yang positif kepada penghuninya karena energi baru akan hadir menambah kualitas hidup.

Dina juga menyarakan agar konsumen berhati-hati dan tidak asal ketika menginginkan cat dengan warna yang solid dan tahan lama. Konsumen diharapkan untuk tidak terjebak dengan cat-cat yang tampaknya berwarna solid dan tahan lama, namun ternyata memiliki kandungan kimia yang berbahaya.

Agar interior tetap terjaga kecantikannya, pilihlah cat yang memungkinkan untuk dapat dibersihkan. “Semua aspek penting yang dibutuhkan untuk membangun keindahan dan kecantikan sebuah interior pada hakikatnya akan berlandaskan kepada tingginya kualitas cat yang digunakan. Jadi pilihlah hanya yang berkualitas,” ujarnya.

Menjawab dari aspek-aspek penting yang diperlukan dalam menciptakan interior yang cantik, Eric menyatakan, “Majestic True Beauty mampu menghadirkan suasana interior yang elegan melalui serangkaian warna yang kaya guna menghasilkan sentuhan akhir yang solid, sempurna, lembut dan penuh kemewahan, serta mudah dibersihkan. Durabilitas dan stabilitas cat Majestic True Beauty menjamin keindahan interior dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang dan selalu tampak hidup dengan suguhan warna yang elegan sebagai cerminan kepribadian penghuninya yang istimewa.”

Sentuhan akhir cat tahan lama memberi kemudahan dalam membersihkan tembok tanpa takut akan kehilangan kilau maupun kekayaan warnanya. Tak hanya itu saja, cat Majestic True Beauty juga ramah lingkungan karena tersusun dari bahan-bahan yang 100% bebas zat kimia berbahaya, seperti APEO, formaldehyde, dan logam berat. Jadi, jangan kompromi dengan kualitas cat karena jangka panjang bisa menyebabkan penyakit gangguan saluran pernafasan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved