Marketing Strategy

Inovasi, Kunci Sukses Bisnis Kantong Plastik Joyo Boyo

JoyoBoyo2

(ka-ki) Handoko Saptajaya Sidharta, GM Sales & Marketing CV Sinar Joyoboyo dan Andy Gusena, Brand Strategy &Marketing Communication Consultant Joyoboyo

Kebutuhan kantong plastik makin tinggi. Tidak saja digunakan untuk bungkus makanan, pakaian, produk, tapi juga menjadi kantong belanja yang praktis. Di negara kita, kebutuhan kantong plastik meningkat manakala momen hari besar tiba, semisal Hari Raya Idul Adha. Tercatat di tahun 2013 angka kebutuhan kantong plastik dalam negeri mencapai 4 juta ton dan diprediksi kebutuhannya akan terus meningkat hingga 7-8 juta ton ditahun 20201.

Selain karena didorong oleh kebutuhan dari masyarakat, kondisi pertumbuhan industri kantong plastik disokong pula oleh adanya permintaan dari sektor lain seperti industri makanan, industri minuman, infrastruktur, otomotif, dunia medis dan pertanian. Dan Sinar Joyo Boyo Plastik, produsen kantong plastik nasional, memandang hal tersebut sebagai peluang pasar yang sangat potensial.

Handoko Saptajaya Sidharta, General Manager Sales & Marketing Sinar Joyo Boyo, mengungkapkan, “Kantong plastik masih menjadi barang komoditi yang belum bisa tergantikan. Terutama untuk menunjang industri UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), khususnya industri fast moving consumer goods (FMCG). kantong plastik masih menjadi primadona masyarakat karena harganya juga lebih ekonomis ketimbang kantong lainnya.”

Namun, dari tingginya angka kebutuhan kantong plastik tersebut memunculkan permasalahan lain berupa timbulnya dampak negatif bagi lingkungan yang diakibat oleh cara penggunaan kantong plastik yang tidak tepat. Selain itu, disebabkan pula oleh kurangnya tingkat pemahaman masyarakat mengenai fungsi dari masing-masing jenis kantong plastik.

Berbeda halnya dengan kantong plastik yang diproduksi oleh Sinar Joyo Boyo, melalui pengembangan dan inovasi secara konsisten, plastik yang diproduksi selain ramah lingkungan, tetapi juga sehat untuk makanan (food contact grade).

“Kami selalu berkembang melalui inovasi pada produk serta secara konsisten menerapkan sistem management mutu untuk menghasilkan produk plastik yang unggulan, hingga akhirnya tetap aman untuk lingkungan dan sehat untuk makanan,” tambah Handoko.

Tidak sebatas pada pengembangan produk, bentuk komitmen lainnya Joyo Boyo secara konsisten mengedukasi masyarakat mengenai cara penggunaan plastik secara tepat serta menyebarkan informasi mengenai pentingnya meningkatkan nilai fungsi dari sebuah kantong plastik.

Untuk itu Joyo Boyo meluncurkan program “Tebar Kantong Plastik Qurban” sebagi langkah positif perusahaan untuk meminimalisir dampak penggunaan plastik yang cenderung meningkat di momen-momen penting seperti halnya Hari Raya Idul Adha.

JoyoBoyo

Apabila berkaca dari data penyembelihan hewan qurban Dirjen Peternakan dan Kesehatan RI ditahun 2013, bisa dihitung dari 12 provinsi yang terdaftar, total hewan qurban yang disembelih adalah sekitar 149 ekor sapi dan 219 ekor kambing. Apabila dari masing-masing hewan qurban dihitung dengan ukuran terkecil 500 kg/ekor sapi dan 30 kg/ekor kambing, maka jumlah daging qurban yang dihasilkan minimalnya sekitar 80 ton (80.800 kg). Dari data tersebut maka kebutuhan kantong plastik untuk satu momen perayaan Idul Adha saja sudah mencapai sekitar 40.400 lembar kantong plastik (1 Kantong = 2 Kg daging ). Ini artinya tingkat penggunaannya sangat tinggi.

Berdasarkan kondisi tersebut, Sinar Joyo Boyo mencoba mengambil peranan dengan menghadirkan kantong plastik transparan tipe HDPE yang secara hasil uji klinis sudah memenuhi standar aman untuk makanan dan ramah untuk lingkungan. “Tujuannya selain untuk saling berbagi, melalui Idul Adha kali ini kami juga ingin mengingatkan dan mengajak masyarakat bahwa boleh-boleh saja menggunakan plastik tetapi harus dengan cara yang benar, agar tidak menimbulkan dampak yang negatif bagi lingkungan,” tambah Handoko.

Tebar kantong Plastik Qurban merupakan tahapan awal dari strategi komunikasi Sinar Joyo Boyo yang kini sedang digalakkan. Tujuannya untuk meningkatan brand awareness masyarakat sekaligus mendekatkan plastik Joyo Boyo dengan target market yang dituju.

Pada pelaksanaan ibadah qurban tahun ini, Sinar Joyo Boyo secara langsung berperan aktif menyediakan kebutuhan kantong plastik kurban sebanyak 350.000 lembar untuk memenuhi kebutuhan 500 masjid yang tersebar hampir diseluruh wilayah pulau Jawa, seperti : Jakarta, Jember, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Madiun, Malang, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Tulungagung, Blitar, Kediri, Jombang, Purwakarta, Cianjur, Tasikmalaya, Pamanukan, Jatiwangi, Purwekerto-Ajibarang, Salatiga, Kudus, Pati, Pekalongan, Solo, Klaten, Surakarta, Karanganyar, D.I. Yogyakarta dan wilayah pulau Jawa lainnya.

Tidak hanya itu, untuk memperluas dampak program yang diharapkan, Sinar Joyo Boyo pun menggandeng Masjid Istiqlall untuk menyukseskan program tersebut. Adapun jumlah kantong plastik yang disumbangkan ke pihak panitia qurban Masjid Istiqlal kali ini sebanyak 25.000 lembar kantong plastik.

Menurut pertimbangan Andy Gusena, Brand Strategy & Marketing Communication Consultant Sinar Joyo Boyo, Masjid Istiqlal merupakan masjid kebanggaan seluruh warga negara Indonesia. Masjid yang menjadi lambang kebesaran umat muslim Indonesia sekaligus sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara.

Drs. H. Mubarok. Msi, Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, menejaslkan, total jumlah mustahiq di Masjid Istiqlal memang lebih besar. Sinar Joyo Boyo diharapkan bisa menambah wawasan masyarakat umum mengenai kantong plastik dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penggunaan kantong plastik secara bijak.. Kantong Plastik Hebat Joyo Boyo

Dari sisi komunikasi produk, pesan komunikasi yang digunakan Sinar Joyo Boyo untuk produk plastik unggulannya adalah kantong Plastik Hebat Joyo Boyo “kantong plastik Yang Hemat Baik Dan Sehat”. Andy menambahkan,” Ada beberapa poin yang menjadi pembeda antara kantong plastik Hebat Joyo Boyo dengan kantong plastik merek lainnya.”

Poin pertama hemat, karena kantong plastik Joyo Boyo dicetak dengan presisi yang tinggi , dibuktikan dengan diraihnya ISO 9001 untuk manajemen kualitas yang dimiliki oleh Joyo Boyo. kantong plastik Joyo Boyo diproduksi dengan sistem pengawasan yang ketat, sehingga mampu menghasilkan produk kantong plastik dengan kualitas terjaga. kantong plastik Joyo Boyo adalah kantong plastik yang kuat tidak mudah sobek, elastis serta mudah dibuka sehingga jangan sampai konsumen tidak puas ketika plastik yang digunakan ternyata gampang bocor ataupun sobek.”

Kedua, kantong plastik Joyo Boyo baik.. Hal ini sesuai dengan komitmen Joyo Boyo untuk selalu konsisten mengembangkan produk sekaligus perusahaan yang ramah untuk lingkungan. Seperti halnya dimulai dari sistem pabrikasi yang diterapkan Joyo Boyo bahkan sudah menerepkan sistem pengolahan limbah secara maksimal. Dengan pabrik yang ramah lingkungan maka produk yang dihasilkan pun sebisa mungkin sesuai.

Kertiga, kantong plastik Joyo Boyo sehat. Artinya, aman digunakan untuk berbagai jenis makanan dan minuman, baik panas maupun dingin. Dari segi bahan baku dan sistem pengolahan yang digunakan, Joyo Boyo menggunakan bahan baku plastik pilihan yaitu plastik murni. Joyo Boyo juga melakukan inovasi yaitu penggunaan sistem oxo-biodegradable dengan materi yang di-support oleh EPI selaku developer, licensor dan distributor untuk suatu zat yang menjadikan plastik dapat terdegradasi dalam kurun waktu tertentu – yang berpusat di Kanada.Dengan sistem oxo-biodegradable, kantong plastik Joyoboyo dengan bahan tambahan tersebut akan terdegradasi setelah dua tahun. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved