Marketing Strategy

Kulkas Glacio Terbaru Andalan Toshiba Genjot Penjualan

Kulkas Glacio Terbaru Andalan Toshiba Genjot Penjualan

Sejak mengalami penurunan penjualan pada kuartal pertama tahun 2015 sebesar 25 persen, membuat PT Topjaya Sarana Utama (TSU) berupaya menaikkan target pertumbuhan dari tahun 2014 sebesar 37 persen menjadi 49 persen pada tahun 2015. Inovasi produk pun dilakukan, salah satunya dengan meluncurkan produk kulkas Toshiba Glacio.

20150519_120840

Mengusung teknologi Mirror Steel sebagai bahan dasar dari pintu kulkas, TSU menghadirkan 3 varian jenis yaitu Glacio Diva untuk segmen kulkas satu pintu yang bermotif corak daun, Glacio Grand dengan motif batik yang terinspirasi dari budaya Indonesia, dan dari segmen kulkas 2 pintu Glacio Jazz dengan motif serat kayu yang menjadi tren untuk desain arsitektur saat ini.

“Kami percaya kulkas Glacio ini bisa menjadi trend setter. Dengan pengaplikasian teknologi Mirror Steel, memungkinkan konsumen seakan dapat berkaca pada cermin dan mengikuti tren selfie yang sedang berkembang,” kata Williatmo Tantra, Excecutive Vice President PT. Topjaya Sarana Utama.

Selain itu motif desain yang dibuat mengusung tema minimalis modern sesuai permintaan pasar Indonesia. Toshiba sudah melakukan survei sejak 3 tahun lalu baik survei kualitatif maupun kuantitatif. Hasilnya, berdasarkan advanced technology, design, dan durability, konsumen menyukasi kulkas yang berkonsep glossy.

Jika dilihat pada tahun ini, tren produk menjurus ke pasar yang terfragmentasi dimana selisih market share tidak terlalu besar antar competitor. Sebagai contoh untuk produk kulkas satu pintu selisih market share hanya sekitar 20 persen. Selain itu kompetisi akan semakin ketat karena persaingan inovasi.

Berbagai keunggulan dihadirkan oleh kulkas terbaru ini, seperti pemakaian baja mirror steel, menampilkan konsep artistic dan budaya Indonesia, mengedepankan design dan safety dengan kabel yang dilapisi serat sehingga anti digigit hewan pengerat seperti tikus, anti korosif, dan 60 persen merupakan komponen lokal serta tempered glass yang dapat menahan beban hingga 200 kg.

Kulkas Glacio Terbaru

Kulkas Glacio Terbaru

Sebagai produk yang memiliki diferensiasi dengan kompetitor sejenis,TSU melakukan kerja sama dengan perusahaan minuman Mytea dari Suntory Garuda, online e-commerce Blibli.com, dan Electronic City.

Mekanisme kerja sama dengan Blibli.com adalah pada kulkas satu pintu dengan sistem pre-order, di mana konsumen mendapat potongan harga sebesar Rp 500 ribu dari harga awal yaitu sekitar Rp 1,4 juta dan mendapat minuman Mytea sebanyak 1 pak. Pembelian dapat dilakukan mulai tanggal 20-30 Mei 2015. Seangkan untuk kulkas 2 pintu, perusahaan bekerja sama dengan Electronic City, dimana konsumen akan mendapat cash back sebesar Rp 1 juta dari harga awal yaitu Rp 4 juta. Rencananya pre-order ini akan dimulai pada tanggal 22 Mei-6 Juni 2015.

Wisnu Iskandar, Trade Partnership General Manager Blibli.com, mengaku optimis pre-order akan mendapat sambutan positif. Ia juga menambahkan bahwa konsumen akan mendapatkan bebas biaya pengiriman (free shipping) khusus di Pulau Jawa serta dapat memanfaatkan fasilitas cicilan 0 persen kartu kredit dari 13 perbankan ternama. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved