Management Strategy

BNI-PGN Tingkatkan Efisiensi Pengelolaan Kas

BNI-PGN Tingkatkan Efisiensi Pengelolaan Kas

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) bekerjasama dalam pengelolaan kas kecil untuk meningkatkan efisiensi dan pengawasan PGN terhadap manajemen keuangan harian, lewat penggunaan BNI Cash Card.

Direktur Bisnis Banking 1 BNI Herry Sidartha mengatakan, perusahaan atau institusi mengelola kas kecil (petty cash) untuk membiayai aktivitas operasional sehari-hari yang bersifat rutin dan nilainya relatif kecil. Untuk itu, perlu dilakukan pengendalian dan pemantauan agar pengelolaan berjalan efektif dan efisien.

“BNI menyiapkan solusi bisnis untuk membantu nasabah non perorangan dalam mengontrol atau mengendalikan pengeluaran kas kecil, sehingga pengelolaan dapat berjalan lebih efektif dan efisien melalui BNI-Cash Card,” ujar dia dalam rilisnya.

BNI

BNI Cash Card adalah Kartu Debit BNI yang berbasis rekening Giro Perusahaan, yang didesain khusus untuk membantu pengelolaan Kas Kecil dari Regional dan Area PGN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan BNI Cash Card, Regional Distribusi & Area PGN dapat melakukan tarik tunai di ATM BNI, Cabang/ Teller BNI dan ATM bank lain (ATM Link/Bersama/Prima), serta dapat bertansaksi di merchant/toko yang menyediakan mesin EDC BNI, sehingga akan meningkatkan efisiensi serta pengendalian dan pengelolaan keuangan kas kecil yang sangat efektif.

Dengan diimplementasikannya BNI Cash Card, maka penggunaan rekening giro yang ada di Regional Distribusi & Area PGN akan dihapuskan dan fungsinya digantikan dengan BNI Cash Card. Manfaat dari BNI Cash Card adalah meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan, mengendalikan dana operasional kas kecil, dan meningkatkan pengawasan keuangan di lingkungan PGN.

Dengan bantuan BNI Cash Card tersebut, PGN akan lebih fokus dengan pelayanan gas kepada masyarakat dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan umum. Saat ini, BNI telah menerbitkan sebanyak 19 kartu BNI Cash Card di lingkungan Regional Distribusi I, II, III & Area PGN yang ada di seluruh Indonesia.

Herry berharap solusi BNI Cash Card ini juga diimplementasikan pada kelompok usaha PGN, membantu anak usaha PGN dalam mengelola kas kecilnya. Kerjasama ini menambah erat sinergi kedua BUMN. Sebelumnya, BNI melayani Penerimaan Pembayaran Tagihan Gas untuk Industri Menengah dan Besar dengan menggunakan Virtual Account.

BNI juga menjadi Penerimaan Pembayaran Tagihan Gas untuk pelanggan rumah tangga PGN untuk 3 Regional Distribusi PGN. BNI juga telah menjadi Bank Operasional dari 6 anak perusahaan Saka Energi Indonesia, yaitu Saka Pangkah Indonesia, Saka Sesulu Indonesia, Saka Ketapang Perdana, Saka South East Sumatera, Saka Bangkanai Klemantan, dan Saka Energi Muara Bakau.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved