Management Editor's Choice Strategy

Gaya Astra Otoparts Lebarkan Sayap Aspira

Gaya Astra Otoparts Lebarkan Sayap Aspira

Aspira dikenal sebagai merek suku cadang kendaraan bermotor dengan kualitas setara suku cadang asli. Tak heran, penjualannya tumbuh di atas rata-rata kenaikan permintaan suku cadang sekitar 8%.

“Supplier yang memproduksi suku cadang Aspira, mayoritas menyuplai ke genuine parts. Astra Otoparts juga punya pabrikan yang menyuplai ke OEM (Original Equipment Manufacturer),” kata Head-Marketing Division PT Astra Otoparts Tbk, Rio Sanggau.

Menurut dia, produk Aspira telah melewati serangkaian pengujian di Engineering Development Center (EDC)–pusat penelitian dan pengembangan milik Astra Otoparts yang ada di Cikarang–sehingga kualitas tetap terjaga.

Aspira lahir dari DNA suku cadang asli motor Honda, kemudian berkembang menjadi merek alternatif suku cadang dengan kualitas setara suku cadang asli untuk motor Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki.

“Tidak seperti HGP (Honda Genuine Parts) milik AHM yang diproduksi khusus untuk motor Honda,” kata dia.

Head-Marketing Division PT Astra Otoparts Tbk, Rio Sanggau

Head-Marketing Division PT Astra Otoparts Tbk, Rio Sanggau

Kekuatan penjualan Aspira bertumpu pada 23 kantor penjualan di Indonesia yang tersebar di wilayah Jawa, Bali, dan Manado. Termasuk 20 diler utama yang tersebar di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Jumlah outlet Aspira total mencapai 12 ribu.

“Dibanding merek lain, Aspira punya jaringan yang lebih luas. Orang-orang kami ada di sales office. Kami menangani sendiri mulai dari kepala cabang hingga ke tenaga penjualnya. Sehingga penyebaran produk bisa dipastikan,” ujarnya.

Untuk menjaga basis pelanggan di setiap lapisan produk, Astra Otoparts rajin beriklan di TV, Radio, koran/tabloid, baliho, serta di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Promosi lewat aktivitas BTL juga rutin digelar untuk mendekatkan diri kepada konsumen lewat pameran, spanduk, shop sign, dan wall branding.

Perseroan juga rutin menggelar Tire Road Show di seluruh daerah di Indonesia, dimana konsumen bisa membeli dan mengganti ban motor yang lama dengan ban Aspira. Kegiatan ini semakin sering digelar menjelang bulan suci Ramadhan dan hari Raya Lebaran.

Astra Otoparts juga melakukan aktivitas engagement berupa acara gathering di beberapa gerai besar setiap setahun sekali. Kegiatan ini lebih ditujukan sebagai apresiasi bagi gerai-gerainya karena telah membantu penjualan Aspira dan selalu loyal.

“Aspira tak hanya mudah didapatkan di seluruh wilayah di Indonesia. Untuk suku cadang motor, Aspira juga hadir di Yunani, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Untuk suku cadang mobil, Aspira ada di Cile,” kata dia.

Untuk mendukung promosi di pasar internasional, Astra Otoparts menjadi salah satu sponsor di Moto 2, untuk pebalap Xavier Simeon dari tim Federal Oil Gresini. (Reportase: Raden Dibi Irnawan)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved