Management Strategy

Sayur Organik Jaring Pelanggan via Internet

Oleh Admin
Sayur Organik Jaring Pelanggan via Internet

Kelompok Tani Cipta Mandiri Cibengang, Desa Ciburial, Kabupaten Bandung, menjajal cara baru berjualan sayur tanpa pestisida dan pupuk kimia. Lewat Internet, kini mereka menjaring anggota pelanggan dengan harga khusus.

Penjualan sayur itu didampingi kelompok CreativeNet Bandung sejak awal 2015. Sayurannya dari 11-15 jenis antara lain, bayam merah dan hijau, pagoda, dan selada. “Panen sebentar lagi, mulai 17 Oktober 2015,” kata Amanda Manggiasih Paramitha, Direktur Program CreativeNet Bandung, Rabu, 14 Oktober 2015.

Pasar Kecil menawarkan sistem berlangganan sayur alami tanpa pestisida dan pupuk kimia. Anggota pelanggan bisa memilih paket kecil seberat 1 kilogram, atau paket besar 2 kilogram, dengan 5 jenis sayuran. Pembeli pun bisa memilih tiga tempat pengambilan di 3 lokasi di Kota Bandung.

DannySayur

sayuran organik (Ilustrasi)

Menurut Paramitha, biaya keanggotaan sebesar Rp 200 ribu ditambah Rp 160 ribu untuk paket kecil sebulan atau Rp 320 ribu untuk paket besar. “Tiap pekan sayuran bisa diambil dua kali, Senin dan Kamis,” ujar Paramitha. Kelompok tani tersebut sementara ini menyediakan sayuran untuk 30 orang anggota.

Menurut Paramitha, Pasar Kecil merupakan purwarupa sistem untuk menjawab beberapa isu dan masalah, seperti modal bertani, mandiri tanpa mengandalkan penanam modal, menanam tanpa pestisida dan pupuk kimia, serta memudahkan konsumen mendapat sayur alami dengan harga terjangkau serta berkualitas bagus.

Misi Pasar Kecil, kata Paramitha, ingin menyejahterakan petani lokal, menghasilkan sayuran lokal, mengurangi sampah kemasan, serta menjalim interaksi langsung produsen dan konsumen.

Tempo


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved