Management Strategy

Sinergi Garuda-Cardig Air Kembangkan Usaha Kargo

Sinergi Garuda-Cardig Air Kembangkan Usaha Kargo

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menggandeng maskapai penerbangan kargo, Cardig Air untuk mengembangkan market dan jaringan distribusi pengiriman kargo domestik dan internasional. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo dan President & CEO Cardig Air, Boyke P. Soebroto di Auditorium Garuda City Center, Cengkareng pada hari ini, Jum’at (26/6).

Untuk tahap awal, Garuda Indonesia memiliki hak untuk memasarkan (menjadi marketing party) space freighter yang dioperasikan oleh Cardig Air (operating party) pada rute penerbangan Surabaya – Denpasar – Dili (pp) menggunakan pesawat Boeing 737-300. Dan sebaliknya, Cardig Air juga memiliki hak untuk memasarkan “cargo space” Garuda Indonesia pada rute-rute di domestik dan internasional.

Arif mengatakan kerjasama ini merupakan salah satu upaya perseroan untuk meningkatkan layanan Garuda Indonesia khususnya dalam bidang kargo udara melalui pengembangan jaringan distribusi barang, serta bagian dari pengembangan pasar, khususnya ke wilayah Timor Leste.

MoU Garuda Indonesia - Cardig Air

“Pada tahap awal kerjasama ini baru meliputi program pemasaran pada rute penerbangan Surabaya – Denpasar – Dili (pp), namun kedepannya kami akan terus mengembangan kerjasama dengan Cardig Air ini untuk mengembangkan pengiriman kargo ke rute-rute domestik dan internasional lainnya yang saat ini belum dilayani oleh Garuda Indonesia Cargo”, kata dia dalam rilisnya.

President & CEO Cardig Air, Boyke P. Soebroto menyambut baik kerjasama dan menyampaikan bahwa kerjasama Cardig Air dengan Garuda Indonesia pagi ini merupakan kerjasama sama yang strategis bagi Cardig Air. Kerjasama itu memberi banyak keuntungan karena Garuda Indonesia memiliki jaringan penerbangan yang cukup luas, pasar yang besar, dan Cargo Service Center (CSC) yang lebih banyak dan tersebar di 76 kota domestik yang dapat mendukung pengembangan Cardig Air ke depan.

“Kedepan, kami berharap kerjasama dengan Garuda Indonesia ini dapat terus dikembangkan, khususnya untuk sektor di Indonesia timur serta wilayah Asia Tenggara”, katanya.

Untuk menunjang pertumbuhan industri kargo udara domestik yang kian meningkat, Garuda Indonesia Cargo telah mengoperasikan 70 Cargo Service Center (CSC) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, di antaranya di kota Medan, Jambi, Tanjung Karang, Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, Semarang Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Kupang, Jayapura, Timika, Tangerang dan Yogyakarta.

Melalui Cargo Service Center, SBU Garuda Cargo akan melayani pengiriman barang dari City to Door dan City to Port, di mana Cargo Service Center berfungsi sebagai Drop and Pick up Point. Selain itu, melalui layanan ini para pengguna jasa dapat melakukan pengiriman dan pengambilan barang/dokumen di Cargo Service Center terdekat tanpa harus datang ke bandara.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved