Home » Business Strategy » Marketing » Gandeng Teknova, Soho Perkuat Bisnis USG di Indonesia

Gandeng Teknova, Soho Perkuat Bisnis USG di Indonesia

Share

Bisnis ultrasonografi (USG) kian menjanjikan di Indonesia seiring dengan perkembangan rumah sakit.  Setiap tahun penjualan mesin USG dari berbagai tipe sekitar Rp 1 triliun, sedang dari volume,  hingga akhir tahun ini permintaan mesin USG sekitar 2.500 unit yang diperebutkan beberapa merek seperti Minre, Chison, Edan (low end-medium) dan Samsung, GE, Phillips dan Hitachi (medium-high end) di mana sekitar 500 unit diperebutkan oleh merek high end.

Obed Fung Liang, Sales & Marketing Director PT Soho Global Medica (SGM), mengakui, secara bisnis pertumbuhan mesin USG di Indonesia sekitar 70%. Tahun ini angka tersebut akan tercapai, mengingat hingga November lalu sudah mencapai 66%-67%.

Dengan harga jual sekitar Rp 1,3-1,5 miliar/unit, untuk segmen medium-higt tahun ini Samsung menargetkan penjualan sekitar 200 unit. “Saat ini posisi kami nomor dua setelah GE, tahun 2013, kami targetkan penjualan meningkat sekitar 60%-70%,karena pertumbuhan rumah sakit sangat pesat belakangan ini,” kata Obed.

Setelah sukses memasarkan mesin USG Samsung,  Soho Group melalui SGM salah satu anak usahanya menggandeng Teknova untuk memasarkan tablet USG yang berbentuk i-pad.  Menurut Obed, rencananya produk yang dijual dengan harga Rp 100-350 juta/unit  ini akan mulai dipasarkan awal 2013. “Kami menargetkan bisa menjual sekitar 150 unit di awal tahun pertama,” ujarnya.

Teknova  yang diproduksi oleh Teknova Medical System Ltd adalah perusahaan pembuat alat kedokteran yang terkenal di Cina, khususnya produk ultrasound model digital color Doppler. Kehadiran Teknova bagi Soho Group untuk mengisi segmen low end market yang permintaan semakin meningkat.

Dijelaskannya, teknologi USG terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu untuk mendapatkan kualitas  pencitraan yang semakin baik. Bila saat ini masih dalam bentuk 2 dimensi dengan warna hitam putih, namun pada semester kedua tahun 2013 akan dihadirkan dengan tampilan warna dengan bentuk 4 dimensi. Selain itu, teknologi USG juga difokuskan pada fungsi portable, sehingga mampu dimanfaatkan oleh para dokter yang melakukan tugasnya di daerah maupun daerah terpencil. (EVA)

 

SHARE SOCIAL MEDIA

LEAVE A REPLY


9 + = fourteen