Marketing Strategy

Ini Pemenang Nielsen Challenge 2015/16

Ini Pemenang Nielsen Challenge 2015/16

Nielsen Indonesia menggelar Nielsen Challenge 2015/2016, sebuah kompetisi antar mahasiswa dalam bidang riset pemasaran. Tim Sigurvegari dari Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menjadi pemenang pertama.

Tim dari IPB yang beranggotakan Andro Situmorang, Razii Abraham dan Adhi Hardiansyah itu membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp 12 juta serta kesempatan berkarier di Nielsen. Juara dua dan tiga adalah tim Gavrilla dari Fakultas Teknik Industri UI dan tim Leon dari Fakultas Ekonomi UI.

Ketiganya berhasil mengalahkan 26 tim lain dari berbagai universitas terkemuka di Jawa seperti Universitas Bina Nusantara (Binus), Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Brawijaya, dan Universitas Padjajaran yang mendaftar saat roadshow Nielsen ke beberapa universitas di Jakarta, Bandung dan Bogor serta promosi kegiatan lewat media sosial Twitter.

Juara kedua Nielsen Challenge 2015/2016 adalah tim Gavrilla dari Fakultas Teknik Industri UI

Juara kedua Nielsen Challenge 2015/2016 adalah tim Gavrilla dari Fakultas Teknik Industri UI

Lewat ajang ini, mahasiswa dapat memperluas wawasan mengenai riset pemasaran dan mengasah kemampuan analisa bisnis. Peserta membuat sebuah proposal riset dan strategi pemasaran dari sebuah rencana bisnis yang dirancang tim Nielsen. Nielsen Challenge adalah salah satu bentuk dukungan Nielsen kepada dunia pendidikan di Indonesia untuk mencetak bibit unggul khususnya dalam dunia riset pemasaran.

“Di ajang ini para peserta dibimbing oleh para praktisi riset pemasaran yang sudah berpengalaman dari Nielsen. Kami memberi pembekalan melalui beberapa tahap dalam beberapa babak kompetisi, dalam bentuk bimbingan secara online maupun tatap muka, workshop hingga sharing session mengenai aplikasi riset pemasaran di dunia kerja,” kata Agus Nurudin, Managing Director, Nielsen Indonesia dalam rilisnya.

Di babak awal, ke-29 tim membuat sebuah proposal penelitian berdasarkan skema rencana bisnis yang diberikan oleh tim Nielsen, dan dari 29 proposal yang masuk kemudian dipilih 10 tim terbaik untuk maju ke Babak Penyisihan.

Pada proses seleksi berikutnya di bulan Desember 2015, ke-10 tim melakukan presentasi secara online di hadapan tim juri dari Nielsen dan terpilih 5 tim terbaik yang berhak maju ke Grand Final yaitu ACS dari ITB, Sigurvegari dari IPB, Gavrilla dan Leon dari UI serta Tienette dari Binus. Dalam Grand Final yang berlangsung minggu lalu, ke-5 finalis melakukan presentasi langsung di hadapan para juri dari Nielsen.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved