Marketing Strategy

Lewat 15 Komunitas, Toyota Astra Motor Mengampanyekan Smart Driving

Lewat 15 Komunitas, Toyota Astra Motor Mengampanyekan Smart Driving

Toyota Astra Motor menjalin hubungan baik dengan 15 komunitas yang tergabung dalam Toyota Owner Club, aktivitanya adalah mulai dar imengampanyekan smart driving hingga memperhatikan saran dari komunitas untuk menghadirkan produk dan layanan yang sesui dengan keinginan pengendara. Apa saja komunitas yang bekerja sama dengan Toyota Astra Motor? Rouli H. Sijabat, PR Manager PT Toyota Astra Motor menjelaskannya kepada Radito Wicaksono. Berikut wawancaranya:

Rouli Sijabat, komunitas, Toyota, TAM

Rouli Sijabat

Selama ini Toyota Astra Motor menjalin kerja sama dengan komunitas apa saja?

Hingga saat ini, Toyota menjalin hubungan baik dengan 15 klub/komunitas yang tergabung dalam Toyota Owner Club, klub/komunitas tersebut antara lain Toyota Yaris Club (TYCI), Indonesia Kijang Club (IKC), Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), Innova Community (IC), ID42NER (Fortuner), Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Toyota Vios Club Indonesia (TVCI), Toyota Soluna Community (TSC), Toyota Soluna Vios Club (TSVC), Great Corolla Club (GCC), Altis Indonesia Community (ALTIC), Terios Rush Club Indonesia (TeRuCi), Veloz Community (Velozity), Indonesian Corolla Club (ICC), dan Indonesian Starlet Club (ISC). Klub dan komunitas ini merupakan komunitas yang berdiri secara independen, namun demikian, Toyota senantiasa mendukung dan menjalin komunikasi yang baik dengan masing-masing komunitas.

Apa saja yang dilakukan dalam setiap menjalin kerja sama sehingga Toyota mampu menjadi pilihan komunitas? Kira-kira aspek apa saja yang membuat brand Toyota mampu menjadi pilihan komunitas? Bagaimana pemilik Toyota mengelola aspek-aspek tersebut?

Toyota senantiasa membina hubungan baik dengan komunitas-komunitas tersebut melalui program-program yang positif. Salah satunya bekerja sama dalam kampanye smart driving sebagai prinsip utama berkendara di jalan raya.

Setiap tahunnya juga Toyota mengadakan Toyota Jamboree, untuk mengakomodasi kebutuhan komunitas Toyota, serta menjaga komunikasi, baik antara Toyota dengan komunitas, maupun antar komunitas.

Mengenai aspek-aspek yang menarik bagi komunitas, tentunya rekan-rekan komunitas lebih paham. Toyota sendiri memfokuskan untuk menjadi true friend bagi pelanggan, dengan memberikan Total Best Ownership Experience, yang terus ditingkatkan berdasarkan masukan pelanggan.

Apa benefit-nya bagi Toyota setelah menjadi pilihan komunitas?

Klub ataupun komunitas pemilik Toyota sangatlah penting bagi Toyota. Berkat dukungan dan masukan dari komunitas, Toyota dapat berada di posisi seperti sekarang ini. Komunitas juga menjadi partner penting bagi Toyota untuk memasyarakatkan kampanye dan program-program positif bagi masyarakat umum khususnya komunitas itu sendiri. Kampanye yang dimaksud antara lain kegiatan safety driving hingga kegiatan sosial bagi masyarakat.

Apakah ada co-creation yang dihasilkan dari kerja sama dengan komunitas? Apa saja? Dan sejauh mana manfaatnya baik bagi Toyota maupun bagi komunitas?

Selain berperan penting dalam melakukan kampanye smart driving bersama Toyota, Toyota juga sangat memperhatikan saran dan masukan dari setiap komunitas, sehingga Toyota dapat terus menghadirkan produk serta program baru yang sesuai dengan kebutuhan dan tren terkini dari para pengguna kendaraan dan layanan Toyota.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved