Marketing Strategy

L’Oreal Profesionnel Rangkul Hairdresser Sebagai Ujung Tombak Pemasaran

L’Oreal Profesionnel Rangkul Hairdresser Sebagai Ujung Tombak Pemasaran

L’Oreal Professionnel memimpin pasar hairdressing di Indonesia berkat kemampuan mereka membangun kedekatan dengan para hairdresser. Jika para ahli yang merayu, konsumen tentu lebih percaya.

L’Oreal Professionnel merupakan merek premium untuk produk pewarnaan, penataan tekstur, styling dan perawatan rambut asal Paris. Produk-produknya banyak digunakan di salon-salon profesional karena memang menyasar segmen kalangan kelas atas hingga menengah.

Yola Sutjiutomo, Manajer Unit Bisnis L’Oreal Prefessionnel, mengatakan, market hairdressing di Indonesia sangatlah besar. Market ini terbagi dalam tiga katagori, mulai dari kelas A (atas), B (menengah) dan C (bawah). L’Oreal Professionnel sendiri masuk ke kategori A dan B. “Untuk dua kategori itu kami masih market leader,” ucap Yola.

Menurut Yola, karena menyasar kelas A dan B, maka semua produk L’Oreal Professionel hanya dijual ke salon-salon profesional. “Banyak sekali salon yang kami ajak kerjasama dalam mendistribusikan produk, antara lain Jhonny Andrean dan Yopie Salon,” katanya.

Strategi L’Oreal Professionnel agar para hairdresser salon-salon tersebut mau menggunakan produk mereka untuk para konsumennya, maka perlu dibangun hubungan yang baik. Cara membangun hubungan yang baik tersebut yakni L’Oreal Professionnel gencar mengadakan acara seperti workshop hingga pelatihan-pelatihan gratis untuk para hairdresser.

“Yang dilakukan dalam waktu dekat ini adalah rangkaian workshop untuk hairdresser di tiga kota yakni Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Workshop ini terkait tren warna rambut 2013 yang baru-baru ini kami perkenalkan yaitu Ombres Nature. Tren warna ini lebih menekankan teknik highlights namun dengan cara baru yang bisa diaplikasikan hairdresser ke konsumennya,” jelasnya.

L’Oreal Professionnel juga membuka kelas edukasi gratis yang diadakan di Akademi mereka di Graha Surya Internusa, Jakarta. Tiap harinya mereka mampu menjaring puluhan hairdresser yang datang dari berbagai daerah.

Melalui transfer ilmu ini, ingin membangun kedekatan dengan para hairdresser sekaligus berbagi pengetahuan tentang produk L’Oreal Professionnel. “Kelas-kelas di Akademi L’Oreal Professionnel beragam, seperti kelas perawatan rambut dan kelas pewarnaan rambut. Kelas-kelas ini kami buka secara gratis khusus bagi hairdresser,” tambah Yola. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved