Home » Headline » Meski Baru, Pengunjung Kalbe E-Store Tumbuh 30%

Meski Baru, Pengunjung Kalbe E-Store Tumbuh 30%

Hampir genap setahun Kalbe Nutritionals menjadi pelopor e-store produk nutrisi. Siapa sangka portal belanja kalbestore.com atau Kalbe e-store ini menunjukkan pertumbuhan signifikan tiap bulannya. Unique visitor saja terus bertambah hingga 30% per bulan.

“Dari hasil penelitian, nutrisi adalah satu ceruk yang sangat menarik dan diminati konsumen. Jadi, why not?” kata Andreas Setiawan S., Business Unit Head CRM Kalbe.

Diklaim sebagai e-store nutrisi pertama di Indonesia, Kalbe e-store tidak memanfaatkan jasa kurir dari luar. Dengan minimum pembelian Rp 150.000, barang diantar Kalbe Home Delivery kurang dari 24 jam. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kalbe e-Store, berikut petikan wawancara Tika Widyaningtyas dari SWA Online dengan Andreas.

Andreas Setiawan S., Business Unit Head CRM Kalbe

Andreas Setiawan S., Business Unit Head CRM Kalbe

Apa yang melatarbelakangi diluncurkannya Kalbe e-Store?

Kami meluncurkan Kalbe e-Store itu sebagai satu portal e-commerce yang tujuannya memang sebagai portal commerce pertama yang menjual nutrisi di Indonesia. Dari penelitian AC Nielsen dan sebagainya, nutrisi sebenarnya adalah satu ceruk yg sangat menarik dan sangat diminati oleh konsumen. Karena Kalbe memang memiliki divisi nutrisi, kenapa kok kami tidak menjual nutrisi kami via online.

Bagaimana perkembangan Kalbe e-Store hingga saat ini?

Menarik, unique visitor-nya terus tumbuh sekitar 30% dari bulan ke bulan. Per bulannya bisa lebih dari 200.000 unique visitor mengakses Kalbe e-Store. Dari sekian banyak visitor, kurang dari 5% yang akhirnya melakukan transaksi. Tapi ini tidak hanya di Jakarta. Banyak dari kota-kota lain yang juga mengakses. Saat ini kami juga sudah punya Kalbe Home Delivery di lebih dari 30 titik di 15 kota.

Apa bedanya Kalbe e-Store dibanding online store lain?

Yang menjadi pembeda, kebanyakan pemain online selalu bisa menjual barangnya. Tapi mengantar barangnya di-outsource lagi ke pihak ketiga. Kalau kami tidak. Kami punya home delivery sendiri. Jadi kami punya armada Kalbe Home Delivery, punya tim kurir sendiri yang mengantarkan produk itu ke tempat di mana konsumen ingin barang itu diantar. Jadi sekarang kami available di 15 kota. Satu kota sekitar 2 kurir kecuali Jakarta, lebih dari 15 kurir. Tujuannya untuk memastikan service travel ada di tangan kita, bukan di tangan third-party. Jadi kalau kami bicara ke konsumen bisa memperoleh produknya dalam 1×24 jam, service travel-nya memang kami yang pegang. Selain itu, memastikan bahwa touch point-nya saat ketemu sama konsumennya dengan gesture dan layanan yang sudah ada standard-nya dari kami.

Apa tidak khawatir dianggap membunuh toko?

Itulah yang juga membedakan kami dengan online store yang menawarkan produk harga miring. Kami justru menjual produk Kalbe Nutrisional dengan harga premium, di atas harga toko sekitar 10%. Tujuannya yang pertama kami ingin menjaga agar toko dan kami sama-sama win-win. Toko adalah business partner kami juga. Kami tidak mau toko komplain, “Wah Kalbe jualan lebih murah dari kami”, “Kalbe merebut pelanggan kami”, dan sebagainya.

Apa saja tantangan yang dihadapi dalam menjalankan Kalbe e-store?

Salah satu terberatnya ya kami tidak bisa bermain di harga untuk kejar growth. Tapi, kenyataannya kami selalu tumbuh. Apa yang menjadi excitement di belakang itu yang lebih penting. Kami membuat promosi Kalbe e-Store berbeda dari yang ada di toko, termasuk point rewards.

Bagaimana cara Anda mempromosikan Kalbe e-Store?

Salah satunya, ya point rewards itu. Kalau toko biasanya berhadiah gelas, tumbler, kalau kami berhadiah voucher di merchant yang sudah bekerja sama dengan Kalbe. Kami juga aktif di search engine. Kami gencar dengan search engine marketing, akuisisi beberapa keyword penting. Sebentar lagi kami masuk sosial media. Selama ini sosial media banyak dipakai untuk branding. Kami merasa itu kurang tepat. Pesan kami bukan branding, tapi lebih ke PR (public relations). Kami selalu pantau peringkat Alexa kok.

Setelah ini, apa target Anda selanjutnya untuk Kalbe e-Store?

Targetnya, sebelum akhir tahun titik Kalbe Home Delivery akan ada di semua kota. Kami juga sedang mengembangkan versi mobile. Sekarang dalam tahap security test, dan akan kami luncurkan tahun ini. Untuk produk di Kalbe e-Store ada lebih dari 200 SKU. Tidak hanya produk nutrisi, OTC (obat bebas) dan vitamin juga sudah mulai masuk. Target kami 2017 nanti Kalbe Estore bisa memberikan kontribusi 5% untuk Kalbe Nutrisional. (EVA)

SHARE SOCIAL MEDIA

LEAVE A REPLY


7 − two =