Marketing Strategy

Siasat AHM Membidik Market Share 60%

Oleh Admin
Siasat AHM Membidik Market Share 60%

Penjualan sepeda motor tahun ini diperkirakan lesu karena sejumlah hal. Salah satunya adalah keberadaan aturan terkait pembiayaan konsumen berdasarkan prinsip syariah untuk kendaraan bermotor.

Akan tetapi, Astra Honda Motor (AHM), pemain dalam industri sepeda motor di Tanah Air tidak mengendurkan targetnya tahun ini, yakni mencapai pangsa pasar sebesar 60 persen. Perusahaan akan melakukan sejumlah strategi demi mencapai target tersebut.

Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor

“Sebetulnya kalau tanpa aturan syariah, kita prediksinya tahun 2013 pasar sepeda motor itu flat. Tapi dengan adanya pemerintah mengeluarkan aturan syariah di Januari, dan nanti berlaku di April, itu (penjualan sepeda motor) akan lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Jadi, prediksi saya tadi 6,7 juta unit kalau dengan adanya aturan syariah itu,” sebut Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor, di Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Sekalipun prediksi penjualan sepeda motor secara nasional terbilang lesu. AHM justru tetap menargetkan pangsa pasarnya naik. Kalau tahun lalu, pangsa pasarnya ada di angka 57,9 persen, maka tahun 2013 ini pangsa pasar ditargetkan bisa mencapai 60 persen. “Kita target ingin mencapai 60 persen dari total market,” tegas dia.

Strateginya, terang dia, AHM akan berusaha membuat produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. “Kedua, meningkatkan pelayanan after-sales service kita. Itu strategi-strategi yang memang kita harus jalankan terus,” tandas Margono. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved