Marketing Strategy

Tahun Ini, Mayora Fokuskan Strategi 3P

Tahun Ini, Mayora Fokuskan Strategi 3P

Memasuki tahun 2016, PT Mayora Indah Tbk sudah mempersiapkan diri. Perusahaan yang terkenal dengan produk Kopiko-nya ini mengatakan akan fokus mengembangkan strategi untuk terus memasuki pasar ekspor. Saat ini, hampir seluruh produknya merajai pasar luar negeri, sebut saja Kopiko coffee & candy, Danisa butter cookies, Malkist crackers, Beng-Beng chocolate wafer, Choki-Choki chocolate paste, dll.

“Ekspor kami sudah menjelajah ke lebih dari 80 negara, mencakup negara-negara di ASEAN, Eropa, Middle East, Afrika dan Amerika Utara dan Selatan. Sejauh ini cukup memuaskan, namun kami lihat masih banyak peluang untuk mengoptimumkan potensi pasar di negara-negara bersangkutan,” klaim Awin Sirait, Global Category Head PT Mayora Indah Tbk.

Mayora memulai bisnis ekspor sejak lebih dari 30 tahun yang lalu, tepatnya dimulai pada tahun 1982. Berbagai kendala pun diakui membuat bisnis perusahaan semakin berkembang. Menurutnya, kendala utama bagaimana memahami konsumen luar dalam di tiap negara, seperti memahami kultur, sifat, perilaku, aspirasi dan kebutuhan mereka.

Dimana pada akhirnya bagaimana perusahaan dapat menemukan the right consumer insight to formulate the winning product and marketing & sales strategy to meet their needs or wants.

Awin Sirait, Global Category Head PT Mayora Indah Tbk

Awin Sirait, Global Category Head PT Mayora Indah Tbk

Untuk itu perusahaan harus pandai dalam membaca situasi dan mendapatkan insight di negara tersebut. Hal ini membutuhkan kerja keras, riset yang mendalam, dan kecakapan dalam memahami dinamika konsumen di negara tersebut serta memformulasikan strategi baik marketing maupun sales.

Berhasil mencatatkan peningkatan nilai ekspor double digit dalam 5 tahun terakhir, Mayora memiliki selalu mengedepankan inovasi atau be different yet relevant to the consumer. Bukan hal yang mudah, tetapi dengan memahami konsumen secara mendalam ditambah dengan cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, ia optimis produk Mayora tetap diminati oleh konsumennya.

“Yang paling fundamental dalam strategi kami adalah focus on 3P yaitu product, process, and people,” katanya. Ia menjelaskan bahwa product harus menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen. Process, karena kami telah menjadi global player maka proses sangat dibutuhkan untuk membentuk konsistensi dalam brand building. Sedangkan people,merupakan aset yang terbesar bagi perusahaan

Saat ini sebagian besar ekspor Mayora masih diproduksi di Indonesia. Namun jika dibutuhkan dalam suatu kondisi, misalkan besarnya bea masuk, maka tidak tertutup kemungkinan perusahaan akan membangun produksi di luar negeri. Tapi karena tenaga ahlinya ada di Indonesia maka tim dari Indonesia akan terlibat. Saat ini Mayora memiliki beberapa produksi di negara lain seperti di India dan Thailand.

Lalu apa andalan Mayora untuk membangun dan mengembangkan pasar ekspor? Awin menerangkan, bahwa kualitas produk adalah suatu keharusan dan prioritas utama. Selain itu memahami konsumen luar dalam dan memformulasikan the winning product to meet their needs/wants merupakan kunci utama. Ini yang membuat konsumen repeat purchase, dan loyal terhadap merek atau produk.

Selain product quality, perusahaan percaya bahwa process dan people juga andalan. Proses evaluasi dan perbaikan yang berkesinambungan membuat perusahaan selalu cepat take action untuk selalu unggul dalam kompetisi. Sedangkan people sebagai aset berhubungan dengan keselarasan visi misi dan kerjasama yang baik mulai dari tim internal, agency, supplier, distributor dan para partner lainnya yang berkontribusi dalam membangun merek – merek perusahaan.

Menghadapi MEA 2016 ini, Mayora akan terus fokus ke 3P dan memastikan existing product yang sudah ada tetap tumbuh serta brand equity nya semakin kuat dimata customer dan consumer. Selain itu terus memahami situasi dan grab opportunity yang ada sehingga inovasi yang akan dilakukan dapat menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen dengan baik.

“Kami berusaha keras semua produk yang kami berikan kepada konsumen hanya bertujuan satu yaitu to delight our global consumers,” tuturnya dengan lugas.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved