Home » Business Strategy » Marketing » Tata Motors India Kini Hadir di Indonesia

Tata Motors India Kini Hadir di Indonesia

Share :

    Tata Motors, perusahaan otomotif global terbesar asaI India, resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia. Mulai tahun 2013 nanti, perusahaan asing ini akan mulai meluncurkan produk-produknya, termasuk salah satu mobil termurah di dunia, Tata Nano.

    Selanjutnya Tata Motors menyerahkan operasinya di Indonesia secara penuh kepada anak perusahaannya, PT Tata Motors Indonesia. “Dengan melihat kenyataan bahwa pasar terbesar otomotif di Asia Tenggara adalah Indonesia, Tata Motors Indonesia akan terjun berkompetisi di pasar kendaraan penumpang dan komersial,” kata Karl Slym, Managing Director of Tata Motors di Jakarta, Selasa (11/9).

    Indonesia adalah pasar kunci bagi Tata Motors yang memiliki berbagai macam produk, mulai dari mobil kecil hingga bus di segmen kendaraan penumpang dan dari 0,5 Ton Mini-Trucks hingga 49 Ton Heavy Trucks di segmen kendaraan komersial.

    Menguraikan rencana-rencananya di Indonesia, Biswadev Sengupta, President Director of PT Tata Motors Indonesia, mengatakan, Ada peluang besar bagi kendaraan Tata Motors di Indonesia, dengan kondisi operasional dan kebutuhan konsumen yang mirip dengan konsumen kami di India dan seluruh dunia. “Kami sangat yakin akan mampu menyediakan solusi mobilitas yang cerdas bagi Indonesia,” kata Biswadev.

    Mulai tahun  2013 Tata Motors Indonesia akan mulai merilis produk, termasuk Tata Nano. Namun, Biswadev tidak mau menyebutkan berapa kisaran harga mobil murah ini untuk pasar Indonesia. Sebagai catatan, harga Tata Nano di India berkisar Rp 40-60 juta. “Kami belum tahu harganya. Saat ini, fokus kami adalah membangun jaringan layanan dan suku cadang yang kuat. Kami juga masih mencari direksi. Kami juga akan merekrut 20.000 teknisi,” tambahnya.

    Tata Motors Indonesia akan meluncurkan produk kendaraannya saat telah memiliki sekitar 10 hingga 15 diler resmi di seluruh Indonesia, yang akan melayani penjualan, servis dan suku cadang. Dalam periode tiga tahun, Tata Motors menargetkan akan membuka 60 diler 3S (Sales, Service, Spareparts), 100 bengkel dan lebih dari 300 toko suku cadang.

    Perusahaan ini juga merencanakan kemungkinan untuk mendirikan basis manufaktur di Indonesia untuk melayani negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Investasi yang signifikan juga direncanakan untuk melokalisasi penyediaan komponen-komponen.

    Tata Motors akan berpartisipasi di dalam Indonesia International Motor Show ke-20 di Jakarta, mulai 20 September 2012 yang akan datang. Perusahaan ini akan memamerkan 14 kendaraan penumpang dan komersial Tata, sebagai bagian dari perkenalan secara progresif pada pasar di Indonesia. Pameran ini juga akan menampilkan paviliun hijau khusus kendaraan-kendaraan Tata CNG, yang sedang dibutuhkan di Indonesia. (EVA)

    Share :

      SHARE SOCIAL MEDIA

      2 Comments

      1. Rajaram says:

        Selamat datang ke Indonesia.
        Best wishes from Rajaram.

      2. Jupiter z1 says:

        Woh, bakalan rame nih jenis2 motor di Indonesia….
        Selamat datang dehh :)

      LEAVE A REPLY


      × five = 15