Home » Business Strategy » Mintel : Bisnis AMDK Berpeluang Tarik Investor Asing

Mintel : Bisnis AMDK Berpeluang Tarik Investor Asing

Share :

    Hasil studi banding antara konsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) per kapita dengan tingkat pertumbuhannya yang dilakukan Mintel, sebuah perusahaan penelitian pasar, menunjukkan bahwa saat ini Indonesia merupakan salah satu pasar yang paling menjanjikan. Hasil studi tersebut memperlihatkan masih besarnya ruang untuk pertumbuhan industri itu.

    Inilah yang kemudian menjadi daya tarik bagi perusahaan air minum internasional, di mana Asia menjadi prioritas akhir-akhir ini. Hasil studi Mintel juga memperlihatkan bahwa pertumbuhan volume ritel AMDK mengalami kenaikan hingga dua kali lipat di tahun 2011, dari 8% di 2010 menjadi 20% di 2011. Pengembangan produk baru juga menunjukkan peningkatan grafik terkait dengan pemintaan konsumen di mana pada 2009, AMDK hanya menguasai 1% dari pasar minuman non-alkohol dan pada 2012, angka tersebut naik hingga 10%. Saat ini, satu dari sepuluh produk baru yang diluncurkan untuk kategori minuman non-alkohol di Indonesia adalah AMDK.

    John Forsyth, Analis Minuman Global, Mintel, mengatakan, peningkatan tren bukan saja karena Indonesia merupakan negara yang semakin makmur, tetapi juga karena Indonesia merupakan negara dengan populasi yang besar yakni sekitar 240 juta jiwa dan terus bertumbuh cepat. “Sebagai negara berkembang dengan mayoritas penduduk berumur 35 tahun ke bawah, generasi baru yang memiliki nilai dan kebiasaan berbeda dengan generasi sebelumnya terus bertumbuh, seperti misalnya mereka lebih memilih membeli AMDK daripada harus memasak air,” John menerangkan.

    Menurut John, permintaan konsumen atas AMDK ditambah dengan keahlian lokal dan didukung oleh peningkatan investasi dari perusahaan asing. Hal itu akan mendorong peningkatan permintaan yang jauh lebih besar lagi. Masyarakat Indonesia mengkonsumsi 49 liter AMDK per orang atau naik dari 29 liter di tahun 2006 dan Mintel memperkirakan angka itu akan terus bertumbuh hingga 86 liter di tahun 2016.

    Sekedar informasi, Mintel adalah perusahaan penyedia global terkemuka untuk konsumen, produk dan badan intelijen media. Selama 40 tahun, Mintel telah memberikan pemahaman terhadap tren pokok di seluruh dunia. Dengan berbagai kantor yang tersebar di Chicago, New York, London, Sydney, Shanghai, Tokyo, dan sekarang di Mumbai, Kuala Lumpur, serta Singapura, Mintel telah berhasil membangun reputasi sebagai merek bisnis yang mendunia. (EVA)

     

     

     

     

    Share :

      SHARE SOCIAL MEDIA

      LEAVE A REPLY


      7 × = twenty eight