Marketing Strategy

Prospan dan Ginsana Perkuat Soho Group Kuasai Pasar Obat Herbal

Prospan dan Ginsana Perkuat Soho Group Kuasai Pasar Obat Herbal

Perkembangan pasar obat herbal di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bila tahun 2008 pasar obat herbal sekitar Rp 7 trliun, namun hingga akhir 2012 mencapai Rp 13 triliun yang diperebutkan banyak pemain, baik industri rumah tangga, industri besar dan produsen dari luar negeri.

SOHOMenurut Dr Arijanto Jonosewojo, Sp. PD., Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU Dr. Soetomo, Surabaya, kebanyakan obat herbal yang beredar di Indonesia berada pada kategori jamu dan OHT. Hal ini menjadi kendala ketika masuk dalam layanan kesehatan formal. Pasalnya, dokter dituntut untuk menerapkan Evidence Based Medicine (EBM) pada setiap obat yang diresepkan.

Nah, baru-baru ini Soho menggandeng University of New South Wales, Australia untuk bekerja sama dalam bidang penelitian dan pengembangan produk obat herbal. Hasilnya, kolaborasi penelitian terhadap temu lawak sebagai bahan pokok obat herbal Indonesia. Terbukti beberapa produk obat herbal Soho yang diluncurkan ke pasar diterima konsumennya di Indonesia. Beberapa produk yang sukses dipasaran adalah multivitamin anak Curcuma Plus. Selain itu, menawarkan sejumlah produk over the counter, seperti Diapet, Laxing, Lelap, dan Fitkom Gummy.

Keberhasilan ini menginsipirasi anak usahanya, Soho Flordis International (SFI) yang bermarkas di Australia, untuk memasarkan produk herbal yaitu Ginsana dan Prospan. Kedua produk ini telah memiliki uji klinis sehingga mampu meyakinkan dokter untuk meresepkan obat herbal kepada pasien. Apalagi Ginsana sudah dipasarkan di 40 negara di dunia, sedangkan Prospan berdasarkan data IMS 2011, merupakan obat batuk herbal nomor satu di dunia.

Menurut Nick Burgess, Professional Liaison and Education Manager SFI, Prospan dan Ginsana dikembangkan dengan konsep Seed to Patient, di mana semua proses pembuatan obat herbal telah melalui serangkaian uji klinis yang ketat, mulai dari proses penanaman (benih) hingga produk tersebut berada di tangan konsumen.

Kedua produk terbaru yang diharapkan menjadi andalan Soho. Tapi, diakui Marcus Pitt CEO Soho Group, tapi hingga saat ini masih kedua produk tersebut masih dalam proses edukasi dan trial. Ia memperkirakan pertumbuhan pasar rata-rata sekitar 10 persen/tahun di mana kontribusi produk herbal sekitar 30% terhadap total penjualan Soho Group. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved