Marketing Strategy

Strategi AHM Menghadapi Pasar Motor Tahun 2014

Strategi AHM Menghadapi Pasar Motor Tahun 2014

Telah memiliki pangsa pasar terbesar tidak menjadikan PT Astra Honda Motor (AHM) berdiam diri dan santai menghadapai tantangan mendatang. Saat ini, perusahaan yang memiliki 29 dealer utama ini memiliki pangsa pasar 4,6 juta dari sekitar 7 juta pasar industri sepeda motor.

motor honda

Secara umum, AHM mengalami pertumbuhan sebesar 14,8%, lebih tinggi dari pertumbuhan pasar yang sebesar 9,2%. Total market produk sepeda motor saat ini didominasi oleh penjualan Kategori AT Scooter. Menurut David Budiono, Direktur PT AHM, saat ini kebutuhan skuterr lebih didominasi kebutuhan matik. Untuk pasar ini, Honda telah menguasai 70% pangsa pasar. Sedangkan untuk pasar Cub yang kontribusi 17% terhadap total market sepeda motor, Honda memiliki pangsa pasar 59%. Sementara itu, untuk pasar kategori Sport, Honda menalami pertumbuhan 128%, jauh melebihi pertumbuhan pasar kategori tersebut yang besarnya senilai 33,3%.

Dalam menghadapi tahun mendatang, David mengungkapkan, pertumbuhan kelas menengah, kondisi pasar domestik, tren nilai tukar rupiah yang melemah, kenaikan harga bahan baku, isu tenaga kerja, serta Pemilu akan menjadi tantangan tersendiri. Ia berharap, “Mudah-mudahan tidak terlalu berdampak bagi ekonomi kita,”. Lebih lanjut, berharap kinerja bisnis perusahaannya mampu tetap memimpin dan dapat menguasai setidaknya 60% pasar seperti yang telah dicapai saat ini.

AHM pun terus berupaya untuk terus melakukan yang terbaik bagi bisnisnya. Meskipun mengalami tren penurunan, AHM terus berupaya menjadi yang terbesar. Dengan groundbreaking pabrik keempat yang dirancang mampu memproduksi 750 ribu unit per tahun sehingga kapasitas produksinya mampu mencapai 4,5 juta per tahun. Investasi sebesar Rp 3,3 triliun untuk pabrik tersebut merupakan upaya AHM untuk menjadi pabrik motor terbesar di dunia.

Untuk menghadapi tantangan dan mencapai targetnya di tahun mendatang, AHM memiliki sejumlah setrategi dengan semangat One Heart, yakni dengan memenuhi keinginan konsumen dengan produk yang berkualitas, dengan menerapkan sistem fuel injection untuk mendukung program langit biru; mengembangkan jaringan penjualan, spare part dan layanan purna jual secara merata; meningkatkan kepuasan pelanggan dengan pelayanan terbaik; aktif dan konsisten terus melakukan program safety riding/keselamatan berkendaraan motor, pendidikan dan program lingkungan. Sementara itu, dari segi produk, tahun depan AHM akan serius menggarap pasar motor sport di atas 150 cc. “Wait and see, kami akan mengeluarkan produk unggulan untuk kelas 150 cc ke atas. Tunggu saja,” ujar David. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved