Home » Business Strategy » Strategi BRI Pertahankan Posisi Penguasa Kredit Mikro

Strategi BRI Pertahankan Posisi Penguasa Kredit Mikro

Share

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. yakin masih akan menguasai pangsa pasar kredit mikro. BRI mengaku punya keunggulan dalam penyaluran kredit mikro dibandingkan bank lain dan telah menyiapkan beberapa strategi di tahun depan untuk memperkuat posisinya tersebut.

“Persaingan itu ada, tapi rasanya tidak berpengaruh,” kata Direktur Keuangan BRI, Ahmad Baiquni, di Jakarta.

Baiquni menjelaskan, kredit mikro masih menjadi tumpuan bisnis perseroan dan tidak terpengaruh dengan aturan penyaluran kredit perbankan untuk UMKM minimal sebesar 20% yang mulai efektif tahun depan.

Menurutnya, potensi kredit segmen tersebut masih sangat besar. ” UMKM di Indonesia kurang lebih masih 50 juta unit. Jumlah ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang 240 juta. Dari 50 juta itu, 45 juta usaha mikro. Sementara yang sudah punya akses ke bank itu baru 30%, sisanya itu unbank,” jelasnya.

Untuk menangkap potensi yang besar tersebut dan sekaligus memperkokoh posisinya sebagai penguasa pasar kredit mikro, BRI di 2013 menyiapkan beberapa strategi. “Kami akan terus gencar membukaan kantor cabang baru di sejumlah daerah yang khusus melayani kredit mikro.”

Selain itu, BRI juga akan memperbanyak lagi tenaga pemasaran yang khusus menangani kredit UMKM. Staregi lainnya yang disiapkan adalah penyesuaian skim kredit UMKM yang dipermudah bagi para calon debitur.

Lewat serangkaian strategi tersebut, BRI masih yakin pertumbuhan kredit perusahaan pada tahun depan masih cukup tinggi. BRI membidik pertumbuhan kredit berkisar antara 20-23%, atau sama dengan target pertumbuhan kredit nasional. (EVA)

SHARE SOCIAL MEDIA

LEAVE A REPLY


× 1 = seven