Home » Business Strategy » Strategi Daihatsu Atasi Ketimpangan Penjualan

Strategi Daihatsu Atasi Ketimpangan Penjualan

Share :

    Tahun 2013 nampaknya masih menjadi tahun hoki buat PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Penjualan ADM selaku pabrikan mobil merek Daihatsu naik secara signifikan baik penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) ataupun dari dealer ke konsumen (retail sales). Namun, ketimpangan ini membuat manajemen harus menerapkan strategi untuk mengembalikan porsi yang ideal sehinggga bisnis tetap lancar. Apa strateginya?

    Penjualan wholesales pada awal tahun ini berhasil mencapai 12.734 unit atau sebesar 13,1% dari total market Januari 2013 sebesar 97.564 unit. Sementara penjualan retail sales justru lebih tinggi mencapai angka 14.071 unit atau sebesar 15,4% dari total market retail sebesar 91.446 unit.

    “Tingginya angka retail sales Daihatsu pada bulan Januari 2013 dibandingkan dengan angka wholesales menunjukkan bahwa permintaan pasar di tingkat konsumen jauh melebih pasokan ke dealer. Kurangnya pasokan ke dealer antara lain disebabkan oleh banjir yang melanda Jakarta, Kamis (17/1/2013), yang memengaruhi target produksi bulan ini. Namun demikian sebenarnya ini menunjukkan bahwa stok Daihatsu pada jalur distribusi (dealer) tergolong sehat karena tidak terjadi penumpukan stok di pasar,” ujar Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM.

    Amelia menuturkan, pihaknya akan meningkatkan pasokan ke dealer. ADM akan melakukan penggantian jam produksi yang hilang saat banjir Januari lalu. Sementara di tingkat retail Dealer AI-DSO meluncurkan Program Hadiah Undian PUASS (Pilih Uang Atau emAS) bagi pembeli Daihatsu Periode Januari – April 2013 dengan Hadiah Utama Undian Bulanan bisa memilih 1 kg emas atau uang cash Rp 1 miliar. Di akhir periode 4 bulan akan diundi hadiah Super Grand Prize berupa 3 kg emas.

    “Kami harap kondisinya akan pulih kembali setelah program ini digalakan,” harap Amelia. Wholesales Daihatsu Januari 2013 banyak disumbangkan oleh All New Xenia di kelas low MPV sebagai produk unggulan dengan penjualan sebesar 5.905 unit atau 46,4% atau meningkat 471 unit dibandingkan bulan sebelumnya. Peringkat kedua adalah Gran Max Pick Up sebanyak 3.336 unit atau 26,2% dan Gran Max Minibus sebanyak 993 unit atau 7,8%. Alhasil,  total Gran Max terjual 4.329 unit atau 34%. Disusul di kelas SUV Daihatsu Terios menyumbangkan 1.600 unit atau 12,6%. Sedangkan Daihatsu Luxio terjual 570 unit atau 4,5%. Low City Car Daihatsu Sirion meraih penjualan hingga 330 unit atau 2,6%.

    Sementara itu retail sales di dealer penjualan Januari 2013 dari All New Xenia sebesar 6.148 unit atau 43,7%. Peringkat kedua adalah Gran Max Pick Up sebanyak 3.595 unit atau 25,5% dan Gran Max Minibus sebanyak 1.162 unit atau 8,3%. Sehingga total Gran Max terjual 4.757 unit atau 33,8%. Kemudian di kelas SUV Daihatsu Terios menyumbangkan 2.206 unit atau 15,7%. Sementara Daihatsu Luxio terjual 537 unit atau 3,8%. Low City Car Daihatsu Sirion meraih penjualan hingga 423 unit atau 3%. Pencapaian retail sales tidak terlepas dari usaha terbaik yang telah dilakukan oleh PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) selaku dealer utama  Daihatsu di Indonesia. (EVA)

     

     

    Share :

      SHARE SOCIAL MEDIA

      LEAVE A REPLY


      four + = 11