Marketing Strategy

Strategi HSBC Garap KPR Menengah Atas

Strategi HSBC Garap KPR Menengah Atas

Meski kepemilikan rumah adalah aspirasi paling mengemuka di kalangan menengah ke atas Indonesia atau emerging affluent (9 dari 10 orang), namun masih banyak yang menyatakan belum memulai perencanaan finansialnya dengan baik karena masih terbentur beragam kebutuhan lain. Banyaknya kebutuhan yang ingin dipenuhi dan belum memadainya pengetahuan tentang perencanaan finansial, menjadikan segmen dengan pertumbuhan tercepat (178%) selama kurun waktu 2012-2018 ini sering gagal atau tertunda dalam memenuhi kebutuhan yang seharusnya menjadi prioritas utama, seperti kebutuhan untuk memiliki rumah yang menjadi salah satu wujud penanda kemapanan.

HSBC

Bagi sebagian besar orang di segmen ini yang masih memiliki kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi, menyediakan uang muka untuk pembelian rumah sebesar 20% sering terasa berat. Sementara itu, jika tidak segera memulai melakukan perencanaan kepemilikan rumah dari sekarang, harga rumah menjadi kian tidak terjangkau akibat kenaikan harga yang terjadi tiap tahunnya. Rata-rata kenaikan harga rumah adalah 10% hingga 20% per tahun dan seringkali tak sebanding dengan peningkatan penghasilan.

Memahami tantangan-tantangan yang dihadapi oleh kalangan di segmen emerging affluents, yang akan mencapai sekitar 13.2 juta jiwa dari total populasi Indonesia, HSBC mencoba beberapa strategi agar kelompok ini mampu mengakses kredit kepemilikan rumah, diantaranya gerakan manajemen inansial dan disiplin menabnug yang diberi tajuk #MenujuMapan dan #StartSekarang menawarkan solusi-solusi terbaik yang dihadirkan seiring dengan bergulirnya gerakan #MenujuMapan, yang merupakan keberlanjutan dari gerakan #StartSekarang. “Setelah mereka mampu mengelola keuangannya, maka diharapkan mereka akan bisa mulai mengakses KPR, “ ujar Vira Widyasari, Head of Customer Value Management, HSBC Indonesia.

Strategi kedua dari bank yang bermarkas di Hong Kong ini adalah membuka program menabung yang dinamai HSBC Advance Home Ownership Plan. Dalam program ini setiap pemilik akun HSBC diwajibkan menabung minimal Rp 3,5 juta per bulan selama 2 tahun, setelah 2 tahun nasabah sudah bisa menggunakan tabungannya untuk membayar uang muka pembelian rumah dan mendapat fasilitas KPR lebih dari Rp 350 juta. Untuk mengikat loyalitas nasabah program tersebut, mereka juga diberikan sejumlah gimmick seperti kartu kredit kelas platinum yang bebas iuran tahunan seumur hidup dan tiket gratis untuk menonton film di bioskop. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved