Management Strategy

Strategi Mempopulerkan Merek Dagang RSPO ke Dunia Usaha

Strategi Mempopulerkan Merek Dagang RSPO ke Dunia Usaha

photo(7)

Penggunaan merek dagang RSPO – Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO Trademark) di Indonesia dapat dikatakan masih belum banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Padahal, permintaan untuk penggunaan minyak sawit bersertifikasi terus meningkat. Indonesia sebagai negara produsen CSPO (minyak sawit berkelanjutan bersertifikat) terbesar di Indonesia mestinya memperhatikan penggunaan merek dagang RSPO mengingat dalam penggunaan merek dagang tersebut terdapat nilai-nilai lingkungan dan sosial yang dijaga.

Pada 31 Maret 2014 tercatat penjualan CSPO fisik mengalami peningkatan sehingga jumlahnya menjadi 506.586 metrik ton (MT) dibandingkan jumlah pada periode yang sama tahun lalu sebesar 340.666 MT.

Menurut Darrel Webber, Sekjen RSPO, inisiatif untuk mendorong penyerapan CSPO yang dilakukan di banyak negara di antaranya AS dan Eropa mulai terlihat, industri perbankan juga memberikan dorongan dengan memberi insentif bagi pelaku industri yang menggunakan minyak sawit tersertifikasi. Namun, Eropa hanya mampu menyerap 50% dari jumlah CSPO yang tersedia di pasar global. “Pasar konsumen lainnya juga harus didorong untuk menggunakan minyak sawit berkelanjutan bersertifikat,” tambahnya.

Desi Kusumadewi, Direktur RSPO Indonesia, menyebutkan bahwa kesadaran menggunakan produk minyak sawit bersertifikat di Indonesia masih minim, padahal minyak sawit terdapat pada berbagai produk yang digunakan sehari-hari. Desi juga mengakui, banyak perusahaan yang mencantumkan label merek dagang RSPO untuk produk-produk yang diekspor dengan motif menembus pasar luar negeri. Sementara itu, untuk produk yang dikonsumsi di dalam negeri, masih banyak yang tidak menggunakan label tersebut.

Indonesia sebagai negara terbesar kedua konsumen minyak sawit dapat berperan dalam mempromosikan penggunaan minyak sawit bersertifikat berkelanjutan. Untuk itu, Desi mengungkapkan, pihaknya tengah berupaya menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia agar dapat menjadi penggerak pertama dalam memperkanlkan merek dagang RSPO. Lebih lanjut Desi menyebutkan, beberapa perusahaan yang sudah menggunakan RSPO Trademark diantaranya adalah Sinar Mega, Sinarmas, Miki Oleo, Wilmar dan beberapa perusahaan lainnya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved