Management Editor's Choice Strategy

Tiga Kunci Sukses Inovasi Kamadjaja

Tiga Kunci Sukses Inovasi Kamadjaja

Kamadjaja Logistic telah berdiri sejak 1968. Ada banyak inovasi yang telah tercipta di perusahaan dengan lini bisnis logistik yang fokus pada keunggulan rantai pasok (supply chain excellence) ini. Teranyar, Klog Park, yakni layanan satu atap yang menawarkan solusi layanan terintegrasi untuk para pelanggannya.

“Layanan kami ditunjang warehouse (gudang) dengan fasilitas modern di atas total 500 ribu m2 di seluruh Indonesia. Saat ini, kami punya 22 pusat distribusi di 15 kota utama di seluruh Indonesia. Karyawan kami lebih dari 2.500 orang yang siap melayani lebih dari 200 klien yang masuk dalam Fortune 500 saat ini,” kata Ivy Kamadjaja, CMO Kamadjaja Logistic.

Ia menjelaskan, ada tiga kunci keberhasilan inovasi di Kamadjaja Logistic. Pertama, kenali tren perkembangan ekonomi makro dan industri logistik di Tanah Air. Kedua, kenali siapa saja para pesaing, dan terakhir kenali kebutuhan dari keinginan pelanggan. Ketiganya di formulasikan menjadi strategi yang bisa diimplementasikan.

“Ada kerangka berpikir bagaimana mewujudkan solusi yang dibutuhkan dan bisa memberi nilai tambah bagi para pelanggan. Kerangka kerjanya adalah Formulasi dan Pemetaan Strategi, Penyelarasan Organisasi, Eksekusi Operasional, Pemantauan dan Penyelarasan Kembali. Jadi, dibutuhkan kerjasama tim,” katanya.

Untuk menggali keinginan konsumen, lanjut dia, perseroan rutin menggelar manajemen hubungan pelanggan setiap bulan. Dari sanalah, perseroan mengetahui apa saja keinginan dan kebutuhan pelanggan. Kemudian, perseroan melakukan penilaian teknis sebelum masuk ke analisis bisnis dan finansial yang muaranya menghasilkan produk dan layanan baru.

Ivy Kamadjaja, CMO PT Kamadjaja Logistic

Ivy Kamadjaja, CMO PT Kamadjaja Logistic

“Kami membangun budaya yang mendukung inovasi melalui core values (nilai-nilai yang dijunjung tinggi di organisasi) yang kami miliki. Ini tidak bisa muncul begitu saja. Perlu dibangun dan terus-menerus diperkuat Hal paling pokok dan sangat penting adalah membangun core values yang telah ada sejak 1968, sesuai filsafat dari pendiri perusahaan, Hura Kamadjaja,” kata Ivy.

Kamadjaja Logistic juga mengembangkan standar pengukuran untuk memantau kemajuan atas tujuan inovasi perusahaan. Standar ini memandu dan mendukung peningkatan manajemen dan praktik pengembangan inovasi secara berkesinambungan. Perseroan menggunakan pendekatan Balanced Score Card di empat kelompok.

Pertama, aspek finansial yaitu pendapatan dan target laba. Kedua, pelanggan yakni dari sisi target penjualan. Ketiga, Proses bisnis internal, yakni kualitas proses bisnis internal. Terakhir, belajar dan tumbuh, yakni pengembangan yang dicapai perseroan dari sisi infrastruktur dan SDM. “Setiap bulan dilakukan review dan hasilnya akan digunakan untuk mengevaluasi pengembangan strategi yang ada,” katanya.

Agar fokus, perseroan memiliki unit khusus yang bertanggung jawab menangani gagasan dan proyek inovasi, yakni Transformation Champion Team. Champion-nya dipilih dari divisi-divisi, dimana masing-masing personelnya punya pengaruh besar terhadap kinerja divisinya. Tim tersebut yang melakukan review hasil atau pelaksanaan inisiatif perbaikan setiap pekan.

“Mereka inilah yang memperjelas dimensi perubahan yang akan dilakukan, mengidentifikasi kondisi divisi saat ini, serta memperjelas KPI divisi. Mereka juga yang mendiskusikan segala kendala yang terjadi di divisinya untuk menemukan solusi terbaik,” ujarnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved