Management Strategy

Transformasi Bisnis Bank Muamalat Berbuah Manis

Transformasi Bisnis Bank Muamalat Berbuah Manis

Bank Muamalat mendapat apresiasi internasional yang datang dari Alpha Southeast Asia dalam seremony 8th Annual Alpha Southeast Asia – Award Luncheon yang berlangsung di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta (26/8). Ini adalah kali ke enam Bank Muamalat memperoleh predikat sebagai Best Islamic Finance Bank in Indonesia.

muamalat

Bank Muamalat mulai menunjukkan eksistensinya di kancah perbankan Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa transformasi bisnis yang dilakukan oleh Bank Syariah tersebut telah sukses membawanya dipercaya masyarakat.

Direktur Keuangan dan Operasional Bank Muamalat, Hendiarto, mengatakan, bahwa ia terus terang tidak tau persis kriteria bisnis Bank Muamalat. “Dari internal kita sudah melakukan berbagai transformasi bisnis. Antara lain kita sudah ubah logo, brand, standarisasi, dan sebagainya,” ungkapnya.

Hendiarto menambahkan, bahwa ada enam strategi yang dilakukan oleh Bank Muamalat untuk menununjukkan kualitasnya.

“Pertama di bidang produk. Produk-produk kita sudah mudah dikenal orang. Kemudian distribusi channel, kita sudah punya jaringan 460 outlet. ATM kita tahun 2009 baru 22 unit, sekarang kita sudah punya 1800. Yang keempat di operasi, yang ke 5 di IT, dan yang keenam di risk management,” jelas Hediarto.

Hendiarto mengakui, bahwa produk-produk yang dihasilkan oleh Bank Muamalat sudah cukup lengkap, dan pada saat ini Bank Muamalat ingin memperkuat program IT agar bisa bersaing dengan bank-bank papan atas.

Pada semester kedua ini, Bank Muamalat akan lebih memfokuskan pembiayaan ke bidang retail. “Retail kita 65% sekarang. UMKM kira-kira 15% dari fokus pembiayaan. Retail kita akan lebih banyak ke KPR, kemudian ke mikro,” ujar Hendiarto. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved