Marketing Strategy

Upaya Tripvisto Menggaet Konsumen Berwisata

Upaya Tripvisto Menggaet Konsumen Berwisata

Berwisata menjadi kebutuhan masyarakat modern saat ini. Mencari tempat wisata pun tak perlu lagi datang ke agen-agen yang tersebar di berbagai tempat. Saat ini mulai banyak pameran-pameran traveling yang diselenggarakan di pusat-pusat perbelanjaan. Salah satunya adalah Mal Ciputra yang menawarkan berbagai traveling lokal indonesia.

Ferry Irianto (kiri) dan Sumartok (kanan)

Ferry Irianto (kiri) dan Sumartok (kanan)

Pameran yang akan diselenggarakan pada 27 April hinggal 8 Mei 2016 ini bekerja sama dengan PT Tripvisto Nusantara Jaya atau tripvisto.com.

Pameran ini akan berlangsung selama dua minggu berturut-turut. Menurut Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta, acara ini dilakukan untuk menarik minat pengunjung. Ia menargetkan kenaikan pengunjung 5 hingga 7% selama pameran berlangsung. “Saat week day pengunjung kami mencapai 40 hingga 50 ribu. Saat weekend bisa 50 ribu-55 ribu, dengan acara ini bisa naik lebih signifikan,” ujarnya.

Sumartok, Chief Executive Officer Tripvisto, mengaku, tak memiliki target khusus untuk transaksi di event Festival Wisata Domestik 2016. Tujuan utama diadakannya festival ini adalah untuk memperkenalkan berbagai wisata Indonesia yang kurang tereksplorasi.

Nantinya akan ada 16 agen travel lokal yang ditempatkan di festival tersebut. Setiap agen berasal dari wilayah yang berbeda seperti, Jawa, NTB, dll. Setiap agen travel ini akan menawarkan berbagai paket biasa yang tak biasa seperti Pulau Ora, Derawan, Pagang, dll.

Marketplace khusus paket wisata ini mengaku sudah bekerja sama dengan ribuan travel agent di seluruh Indonesia. Biro perjalanan lokal memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai daerah wisata yang dituju. Mereka bisa menunjukkan berbagai tempat wisata unik, menarik, serta memberikan pengalaman berbeda kepada traveler.

Hingga saat ini, Tripvisto telah menawarkan 3.000 paket tur, 60% dalam negeri dan 40% luar negeri. Traveling dalam negeri sedang digandrungi saat ini, terutama dengan munculnya berbagai kawasan wisata baru yang menawarkan pengalaman berbeda.

Menurut Sumartok, visitor yang datang ke Tripvisto kurang dari 100.000 per bulan, tetapi tumbuh 30% hingga 40% saban bulannua. Untuk meningkatkan traffic, marketplace yang berdiri sejak tahun 2014 ini juga menawarkan pemesanan paket wisata yang bisa berangkat kapan saja, tapi dipesan saat ini.

“Kebanyakan orang itu kesulitan mencari waktu yang tepat untuk libur, tapi harga paket wisata sedang murahnya sekarang. Akhirnya kami buat program ini, supaya mereka bisa pesan paket wisata sekarang tapi bebas menentukan tanggal keberangkatan,” jelasnya. Marketplace yang didukung investor internasional Gobi Partners& East Ventures ini juga berencana untuk menambah 10.000 pilihan paket wisata di seluruh Indonesia dan dunia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved