Makan Mewah Tak Perlu Tunggu GajianBCA Siap Melayani Sistem Modul Penerimaan Negara Generasi ke 2 (MPN G2)Komunitas Pengusaha Muda Bali: JF Dedy Winata - Berkibar di Bisnis PropertyKomunitas Pebisnis Bali: AAG Pratista - Sukses berkat TantanganKomunitas Pebisnis BALI: dr Vivi Vinata Guizot Sp.BP.RE - Menambah Kualitas Hidup Lewat Operasi Plastik

Ayo, Berinvestasi di Sukuk Negara Ritel SR-005 di BCA

Share :

    Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berinvestasi. Mulai dari saham, properti, emas, deposito, obligasi, atau reksa dana. Kini, ada tawaran instrumen investasi baru, yaitu Sukuk Negara Ritel yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Indonesia. Hingga sekarang Sukuk Negara Ritel  sudah lima kali diluncurkan, yaitu seri SR-001, SR-002, SR-003, SR-004 dan SR-005 yang ditawarkan tahun 2013.

    Ayo, Berinvestasi di Sukuk Negara Ritel SR-005 di BCA

    Ayo, Berinvestasi di Sukuk Negara Ritel SR-005 di BCA

    Apa itu Sukuk Negara Ritel Seri SR-005? Ini merupakan Surat Berharga Syariah Negara yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui agen penjual, dengan volume minimum yang telah ditentukan dan masa investasi tiga tahun. Tujuan penerbitan adalah untuk memperluas basis investor di dalam negeri, memberikan alternatif instrumen investasi yang sesuai dengan prinsip syariah, serta membantu perkembangan pasar keuangan syariah di Tanah Air.

    PT Bank Central Asia Tbk (BCA), kembali terpilih sebagai agen penjual dari 25 agen penjual yang dapat menjual SR-005 di pasar Perdana.

    Berikut adalah struktur Sukuk Negara Ritel SR-005. Nilai nominal per unit sebesar Rp 1 juta dengan minimum pemesanan Rp 5 juta (berlaku kelipatannya) dan maksimum pemesanan sebesar Rp 5 miliar per Individu. Masa penawaran : 8 – 22 Februari 2013, tanggal penjatahan : 25 Februari 2013, tanggal settlement: 27 Februari 2013, tanggal pencatatan di bursa : 28 Februari 2013, tanggal jatuh tempo : 27 Februari 2016.

    Pada tanggal 7 Februari 2013 Pemerintah, melalui Kemenkeu telah mengeluarkan pengumuman resmi tingkat imbalan SR-005, yaitu sebesar 6 persen (tetap) per tahun.

    Bagaimana cara pembelian SR-005 di BCA? Mudah saja. Calon investor cukup mendatangi salah satu dari 140 Kantor Cabang BCA Prioritas dan 25 Kantor Cabang Utama BCA Non Prioritas terdekat lalu mengisi formulir pemesanan Sukuk Negara Ritel Seri SR-005, melampirkan fotokopi KTP (khusus WNI di pasar perdana) serta membuka Rekening Efek di BCA.

    Sebagai salah satu agen penjualan SR-005, BCA menawarkan banyak keunggulan baik di pasar perdana maupun sekunder. Kelebihan di pasar perdana antara lain: partisipasi dalam Program Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) yang bekerja sama dengan UNICEF, bebas biaya pembukaan Rekening Efek, gratis biaya penyimpanan efek s/d jatuh tempo, dan cukup biaya materai Rp 12.000.

    Keunggulan pembelian SR-005 di pasar sekunder BCA di antaranya: likuiditas tinggi karena dapat diperjualbelikan aktif di counter BCA Prioritas dengan harga Kompetitif; biaya transaksi jual/beli yang kompetitif (Rp 25.000 per transaksi);  biaya transfer imbalan per bulan, dan bebas biaya pengiriman surat konfirmasi jual/beli.

    Sebagaimana dengan instrumen investasi lain, Sukuk Negara Ritel juga ada potensi keuntungan  dan risiko kerugian. Potensi keuntungannya dalam bentuk Imbalan yang dibayar  tiap bulan yang dijamin oleh Pemerintah melalui Undang-undang dan potensi capital gain dari selisih harga penjualan dan pembelian. Sebaliknya Potensi kerugian Sukuk Negara Ritel adalah karena risiko pasar, risiko likuiditas dan risiko gagal bayar.

    Untuk konfirmasi kepemilikan  SR-005 dari BCA, investor akan mendapatkan Laporan Bulanan terhadap rekening surat berharga. Informasi harga Sukuk Negara Ritel Seri SR-005 dapat dipantau kapan saja pada official closing price Bursa Efek Indonesia (BEI) atau dari media masa, website BEI (www.idx.co.id), atau melalui Agen Penjual seperti BCA. Harga tersebut hanyalah harga indikatif. Mengenai harga, pasti tergantung pada harga yang terjadi di bursa atau harga kesepakatan, jika transaksi dilakukan melalui over the counter (OTC).

    Nah, tunggu apa lagi, segera berinvestasi di SR-005! Informasi lebih lanjut, hubungi Halo BCA di 500888 atau (021) 500888 via ponsel atau kunjungi www.bca.co.id.

    BCA Senantiasa di Sisi Anda

     

    Berita BCA (swa.co.id/beritabca)

    Share :

      SHARE SOCIAL MEDIA

      Tags: , , , , ,
      Category: BCA  |  Comment (RSS)

      LEAVE A REPLY


      4 − = three