Berita BCA Berita BCA

BCA, Bank Pertama Luncurkan SiMolek

BCA, Bank Pertama Luncurkan SiMolek

Dalam Cetak Biru Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia yang diluncurkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 19 November 2013 lalu, pernah diperkenalkan mobil edukasi keuangan atau disebut dengan SiMolek. Langkah inisiasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini, disambut baik oleh BCA dengan mengoperasikan perdana mobil SiMolek di Blok B, Pasar Tanah Abang, Jakarta (04/02).

BCA, Bank Pertama Luncurkan SiMolek

BCA, Bank Pertama Luncurkan SiMolek

“Kami mengapresiasi langkah OJK untuk memberikan informasi lewat SiMolek ini. Dengan cara ini, masyarakat mampu mengetahui secara visualisasi bagaimana cara mengelola keuangan secara bijak. Oleh karena itu, kehadiran SiMolek ini dirasa dapat langsung menjangkau dan mengedukasi masyarakat secara tepat dan lebih efektif,” ungkap Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja saat peluncuran perdana SiMolek BCA ini.

Ia melanjutkan, BCA merupakan bank pertama yang mengoperasikan SiMolek pada minggu ini. BCA akan berpartisipasi pada roadshow di Jabodetabek di delapan titik. Roadshow SiMOLEK ini juga akan dilaksanakan serentak di 14 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Bandung, Makassar, Pekanbaru, Cirebon, Yogyakarta, Malang, Denpasar, Samarinda, Banjarmasin, dan Manado. Direncanakan semester depan, OJK akan menambah 25 unit mobil lagi agar semakin banyak masyarakat yang terjangkau.

“Keikutsertaan BCA menjadi salah satu bank pendukung edukasi literasi keuangan yang digagas oleh OJK, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan industri keuangan dan produk-produknya. Serta, tentunya masyarakat dapat memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang ada sesuai dengan kebutuhannya,”lanjutnya.

Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan OJK, Kusumaningtuti Soetiono menerangkan bahwa nantinya SiMolek ini memiliki tiga fungsi di antaranya sebagai pusat informasi bagi masyarakat menengah ke bawah untuk memberikan informasi sekaligus menjawab pertanyaan dari masyarakat terkait keuangan, menerima penyampaian informasi, dan pengaduan yang akan diteruskan ke call center OJK di 500655. “Harapannya dengan diluncurkannya SiMolek ini adalah dapat memberikan informasi atas layanan produk keuangan dan menjawab pertanyaan masyarakat tentang produk keuangan,” imbuhnya.

Berdasarkan survei OJK pada tahun 2013, disebutkan hanya 21,84% penduduk Indonesia yang memahami dengan baik mengenai produk dan lembaga jasa keuangan. Ini berarti hanya 22 dari setiap 100 orang yang memahami lembaga keuangan serta produk dan jasanya. Hasil survei juga menunjukkan bahwa perbankan adalah lembaga keuangan yang paling dikenal masyarakat. Saat ini dari setiap 100 orang Indonesia, 57 orang diantaranya sudah memanfaatkan produk dan jasa perbankan. Angka ini diikuti oleh asuransi sebanyak 12 orang, lembaga pembiayaan (multifinance) 7 orang, pegadaian 5 orang dan pasar modal 1 orang.

Peluncuran SiMolek ini pun diapresiasi oleh Wendi Lim pedagang Pasar Tanah Abang. Ia berharap dengan adanya usaha ini mampu memberikan wawasan kepada para pembelinya untuk menggunakan cara yang praktis saat melakukan transaksi. “Kami berharap dengan edukasi ini, masyarakat mengerti produk-produk apa saja yang dimiliki oleh perbankan untuk melakukan transaksi secara praktis, mudah, nyaman, dan aman,” ungkap owner Toko Domino blok B lantai 1 ini.

BCA Senantiasa di Sisi Anda


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved