Business Update

Gerakan #Generasi4G, Wadah Generasi Kreatif Indonesia

Gerakan #Generasi4G, Wadah Generasi Kreatif Indonesia

Disrupsi teknologi digital telah menantang perusahaan-perusahaan besar agar tetap relevan bagi pelanggannya. Mereka berhadapan dengan para pemain kecil yang lincah memanfaatkan internet dalam menghadirkan karya-karya kreatif bernilai jual tinggi. Kian mudahnya akses terhadap koneksi internet memang mendorong pertumbuhan ekonomi di negeri ini. Khususnya dengan hadirnya 4G LTE, lebih banyak lagi karya yang bisa dihasilkan. Yang menggembirakan, semakin banyak generasi muda yang terjun sebagai pengusaha dan pekerja kreatif berbekal kekuatan internet.

Keterbatasan sumber daya tidak menghalangi generasi muda kreatif ini untuk berhenti berkarya. Apalagi dengan adanya wadah yang selalu mampu menginspirasi mereka. Salah satunya gerakan sosial #Generasi4G, yang diluncurkan oleh Smartfren sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi dengan jaringan 4G LTE terluas di Indonesia. Gerakan ini bertujuan agar generasi muda mampu menggali kreativitasnya guna mendukung perkembangan pertumbuhan ekonomi melalui produk-produk yang memiliki nilai tambah.

Kontes “Berkarya Untuk Negeri”

Setelah sebelumnya intensif melakukan campaign Generasi 4G bersama NIDJI dalam rangka menginspirasi generasi muda untuk memanfaatkan teknologi 4G untuk berkarya, Smartfren melanjutkan gerakan ini dengan mengajak generasi muda untuk menunjukkan karya kreatifnya melalui kontes #Generasi4G Berkarya Untuk Negeri. Kontes ini juga ditujukan untuk menginspirasi sesama dan membantu peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan internet 4G melalui program 1000 karya untuk 1 sekolah.

Dennis Adhiswara

Dennis Adhiswara

Dalam kontes ini, Smartfren menggandeng lima orang kreator yang telah merasakan manfaat 4G dalam mendongkrak kinerja mereka di bidang masing-masing. Misalnya Dennis Adhiswara (Layaria TV) dan Eka Gustiwana (Mashup Musician). Keduanya sangat bergantung kepada koneksi internet untuk mengunggah karyanya secara online. “Sebelum masa 4G, ketika upload video, harus ditinggal tidur baru besok paginya ter-upload. Kadang malah terputus di tengah jalan,” kenang Eka yang dikenal dengan karya speech composingkreatifnya di Youtube.

Eka Gustiwana

Eka Gustiwana

“Online video adalah medium yang sangat tepat untuk menjangkau ceruk pasar penonton yang belum terjangkau,” kata Dennis. Ia mengaku, sebagai multi channel network yang berafiliasi dengan Youtube dan bergerak dalam bidang pelayanan channel management, sudah ada ratusan kreator Layaria yang tergabung dan tersebar di seluruh Indonesia. “Seiring bertambahnya konten, kami butuh koneksi internet yang cepat dan stabil. Berkat koneksi 4G, kami bisa upload video dengan lebih cepat.”

Riyan Ryadi

Riyan Ryadi

Hal senada juga diungkapkan oleh Riyan Ryadi (The Popoh) dan Ariev Rahman (Travel Blogger). Internet telah berperan penting dalam perjalanan karier keduanya. “Social media itu layaknya galeri kedua saya setelah di jalanan, saya bisa posting kapan saja dan menjangkau publik mana saja. Internet mampu menjadikan karya mural saya mass dan viral,” kata Riyan seraya menyebut koneksi 4G membantunya mengakses lebih cepat isu yang hangat di masyarakat untuk dituangkannya dalam gambar.

Ariev Rahman

Ariev Rahman

Ariev pun awalnya hanya seorang pekerja kantoran, hingga akhirnya mengikuti kecintaannya untuk melakukantraveling dan menjadi seorang travel blogger. “Di bulan November lalu, blog saya mencapai 1 juta viewers. Pencapaian ini membuat saya makin senang jalan-jalan dan semangat untuk menulis. Untungnya sekarang sudah ada 4G yang cepat dan stabil sehingga hobi saya ini bisa terbantu sekali, saya bisa dengan mudah nge-blog kapan saja dan di mana saja,” ungkapnya.

Pengalaman Yukka Herlanda dalam membesarkan bisnis sepatunya juga diawali oleh internet. Mulai dari berjualan 40 pasang sepatu secara online, kini merek Brodo yang dikelolanya telah memiliki empat toko, ratusan karyawan, dan belasan vendor. Yukka mengatakan, “Strategi kami memanfaatkan internet dan social media sebagai medium untuk memasarkan produk Brodo bisa dibilang sangat sukses. Teknologi 4G sangat membantu saya dalam mengembangkan Brodo lebih lanjut lagi.”

Yukka Herlanda

Yukka Herlanda

Kalau ingin menunjukkan kebolehan kreatif, kenapa tidak mengikuti kontes “Berkarya Untuk Negeri”. Pengguna tinggal mengirimkan karya yang pernah dibuat, baik itu karya lama ataupun baru. Kontes atau karya yang sudah diserahkan secara otomatis masuk ke dalam galeri inspirasi di www.generasi4G.com. Selama periode kampanye 20 April – 18 Mei 2016, Smartfren telah menyediakan hadiah mingguan berupa 3 Andromax 4G LTE untuk 3 karya terbaik setiap minggunya.

Bagi kamu yang berdomisili di kota Jakarta, Smartfren akan menggelar Roadshow #Generasi4G di SurabayaTown Square pada tanggal 15 Mei 2016 sebagai penutup dari rangkaian roadshow-nya di 4 kota. Di acara ini, kamu dapat menyambangi Creative Bazaar yang berisi tenant booth yang bergerak di bidang food dan fashion. Acara ini juga akan diramaikan oleh penampilan NIDJI dan Heavy Monster. Ada 100 Andromax 4G gratis yang akan dibagikan ke peserta melalui berbagai games di roadshow ini, jadi pastikan kamu tidak melewatkannya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved