Home » Corporate » CSR » 31 Perusahaan Raih Charta Peduli Indonesia 2012

31 Perusahaan Raih Charta Peduli Indonesia 2012

Share :

    Tahun ini untuk kedua kalinya Dompet Dhuafa (DD) memberikan apresiasi Charta Peduli Indonesia 2012. Penghargaan ini diberikan pada 31 perusahaan yang dianggap memberikan kontribusi positif dalam membangun dan memberdayakan masyarakat melalaui program Corporate Social Responsility (CSR).

    Parmaningsih Hadinegoro, Direktur Utama Danone Aqua (kanan)

    Menurut Ismail A. Said, Direktur Utama Dompet Dhuafa, program ini sebagai  wujud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan melalui program pemberdayaan. “Pengentasan kemisikinan, pengurangan angka pengangguran dan pembangunan kualitas hidup masyarakat bukan menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi perlu adanya sinergi semua pemangku kepentingan dan keterlibatan sector penggerak ekonomi seperti perusahaan dan lembaga sosial,” kata Ismail.

    Berdasarkan data Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, tingkat kemiskinan nasional di akhir tahun ini ditargetkan di angka 11,5%, sedangkan tahun depan pemerintah berharap angka kemiskinan bisa ditekan menjadi 9,5-10,5%. Sebagai salah satu perusahaan yang mendapat penghargaan kategori program kesehatan dan lingkungan ,Danone Aqua, menurut Parmaningsih Hadinegoro, Direktur Utama Danone Aqua, secara konsisten mengembangkan program-program tanggungjawab social sebagai bagian dari strategi bisnis yang berorientasi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat di berbagai bidang.

    Melalui program Akses Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan atau WASH (Water Access, Sanitation, and Hygiene) misalnya sebagai bukti Danone Aqua menaruh perhatian sangat serius  terhadap kesehatan. Tidak bisa menutup mata dari kenyataan bahwa masyarakat di sekitar daerah aliran sungai mengalami kesulitan mengakses air bersih. Selain itu, buruknya praktik sanitasi juga menurunkan kualitas kesehatan. Program penyediaan sarana dan prasarana air bersih, memfasilitasi kelembagaan pengguna air, serta membangun perilaku hidup bersih dan sehat di sekitar wilayah operasi Danone Aqua yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

    Program ini telah menjangkau lebih dari 82 ribu penduduk Indonesia yang tersebar di 10 kabupaten, di mana prioritas pemilihan lokasi diberikan pada lingkungan masyarakat yang membutuhkan di sekitar operasional perusahaan dan wilayah lain di Indonesia yang tengah mengalami krisis air bersih berkepanjangan maupun terkena bencana alam.

    Selain itu melalui program Aqua Lestari yang dikembangkan sejak 2006 ini berintikan empat pendekatan, yaitu alam dan lingkungan, keterlibatan sosial-ekonomi, kelembagaan, serta pendidikan. Program-program pengelolaansumberdaya air yang dijalankan meliputi program konservasi, pertanian berkelanjutan, pengelolaan sampah, akses air bersih, penyehatan lingkungan, dan pengembangan ekonomi  masyarakat.

    Menanggapi apresiasi Charta Peduli Indonesia 2012 untulk Danone Aqua, menurut Parmaningsih, apresiasi ini lahir karena program CSR Danone Aqua dinilai sejalan dengan visi kelembagaan Dompet Dhuafa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan melalui program pemberdayaan. “Kami bersyukur mendapat tantangan baru untuk kita bergotong royong membuat lebih banyak langkah nyata yang secara signifikan berdampak terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Semoga semangat gotong royong dari seluruh pemangku kepentingan ini dapat terus tumbuh sebagai wujud kesetia kawanan sosialdi Tanah Air,” katanya.

    Perusahan yang meraih apresiasi Charta Peduli Indonesia 2012 dikelompokan menjadi beberapa kategori  yaitu program ekonomi (Miwon Indonesia, Bank Indonesia Lampung, Yayasan Yarsi, Epson Indonesia, Exxon Mobile Oil Indonesia, Hypermart, Matahari Dept Store, Wali Care Foundation), katagori program pendidikan (CIMB Niaga, XL Axiata, Alfamart, Prudential Life Assurance, Chevron, Trakindo Utama, Telekomunikasi Indonesia, Cakrawala Andalas Indonesia). katagori program  social dam kebencanaan (Heinz ABC, Indosat, TV One, Sindo Trijaya, Mc Donald’s, Tip Top dan Sriboga), sedangkan untuk katagori program kesehatan dan lingkungan (Sari Husada, PLN, Danone Aqua, The Body Shop Indonesia, Indonesia Power, Asuransi Adira Dinamika, Aplikasi Nusantara dan Nokia Indonesia). (EVA)

    Share :

      SHARE SOCIAL MEDIA

      LEAVE A REPLY


      2 + = five