CSR Corner Corporate Action

Brrrgerak30 Bersama Indonesia SeGar Coca-Cola

Brrrgerak30 Bersama Indonesia SeGar Coca-Cola

Coca Cola Indonesia gencar melakukan kampanye Brrrgerak30 melalui gerakan Indonesia SeGar (sehat dan bugar). Kampanye yang dilakukan di Taman Menteng ini merupakan wujud kepedulian Coca-cola terhadap dunia kesehatan. Dalam kampanye ini, Coca-Cola berkolaborasi dengan berbagai stakeholder di antaranya pemerintah, dokter, praktisi kesehatan, private sector dan tentunya masyarakat. “Coca-Cola fokus dengan kesehatan karena kita melihat fenomena bahwa di Indonesia maupun secara global gaya hidup sekarang orang lebih sedikit punya kegiatan fisik khususnya dalam hal berolahraga,” ujar Titie Sadarini, Direktur Public Affair & Communication Coca-Cola.

IMG_20151111_071738

Mengapa dinamakan Brrrgerak30? “Kami ingin mengampanyekan kepada masyarakat bahwa sangat penting untuk bergerak dan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari,” ujarnya.

Dalam kampanye ini, kegiatan dimulai dengan Fun Walk bersama lebih dari 100 dokter dan tenaga medis dari Fakultas Kedokteran UI dengan start dari FK UI Salemba. Rombongan yang mengikuti Fun Walk ini akan berjalan kaki hingga Taman Menteng. Tidak hanya itu, kegiatan menarik lainnya adalah nostalgia bersama Senam Kesegaran Jasmani 1988 atau SKJ 88. SKJ ini pun diramaikan oleh anggota komunitas 80-an dan 90-an yang tergabung dalam komunitas Brur & Zuz.

Kampanye Brrrgerak30 mengajak masyarakat untuk memiliki gaya hidup yang lebih aktif dengan melakukan aktivitas fisik yang lebih. Coca-Cola juga melakukan pengadaan active park. Dalam active park ini Coca-Cola memberikan bantuan alat olahraga berupa outdoor gym yang ditempatkan di beberapa lokasi. Salah satunya adalah Taman Menteng. Sejak 2013 hingga saat ini, sudah terdapat 19 active park, di Jakarta dan dua lainnya berada di Bandung.

Pemilihan kota-kota besar karena memang gaya hidup orang-orang di kota yang cenderung minim bergerak. “Seperti yang kita tahu kan, bahwa penduduk di kota-kota besar sudah keenakan dengan segala fasilitas yang ada. Kemana-mana naik mobil. Jadi sedikit gerak. Selain itu kami memilih dua kota besar ini karena memang kedua Gubernur juga sangat antusias dan menyambut baik bentuk kerjsama yang kami tawarkan,” ungkap Titie menjelaskan.

Indonesia SeGar merupakan gerakan holistik yang mencakup tiga pilar utama yang saling melengkapi. Pertama, exercise is medicine. Dalam pilar pertama ini, Coca-Cola bekerja sama dengan PDSKO (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga) mengadakan training kepada dokter-dokter untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari obat. Hingga saat ini, sudah terdapat 200 guru yang diberikan training mengenai ‘exercise is medicine”. Kedua, Coca-cola juga memberikan edukasi publik yang diberikan kepada guru, siswa dan orangtua tentang aktivitas fisik yang menyenangkan dan menyehatkan. Ini juga merupakan upaya yang dilakukan oleh Coca-Cola untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingya aktivitas fisik dan perlunya dtanamkan sejak usia sekolah. Dalam pilar yang kedua ini Coca-Cola memberikan pelatihan khusus kepada guru-guru sekolah untuk membuat aktifitas fisik atau olahraga yang menyenangkan bagi para siswa sekolah. Sehingga dengan tanpa mereka sadari, mereka mencintai olahraga. Pilar yang terakhir sebagai bagian dari Indonesia SeGar adalah gerakan publik. Salah satu programnya adalah seperti yang diadakan pada kampanye Brrrgerak30, dan penyediaan fasilitas publik berupa outdoor gym sebagai fasilitas untuk melakukan aktifitas fisik di ruang publik.

Ke depannya, Coca-Cola dapat berkontribusi lebih bayak lagi untuk meningkatkan kesadaran pada orang-orang bahwa kesehatan itu erat kaitannya dengan aktifitas fisik. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved