Good Corporate Governance

Langkah BNI Wujudkan GCG

Oleh Admin
Langkah BNI Wujudkan GCG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berhasil meraup sejumlah penghargaan terkait penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance, atau GCG). Terakhir, bank BUMN ini meraih predikat Indonesia Best Overall Corporate Governance dari majalah Asiamoney.

Pemberian penghargaan tersebut dilakukan berdasarkan hasil jajak pendapat independen yang dilaksanakan majalah Asiamoney. Di mana dalam Corporate Governance Poll 2012, Asiamoney menyediakan lima kategori penghargaan, yaitu Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder’s Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management And The Board of Director. Hasilnya, BNI mendapatkan posisi terbaik pada kelima anugerah itu sehingga diakui sebagai bank terbaik di Indonesia yang berhasil membangun tata kelola bank yang baik.

Penghargaan sebagai Indonesia Best Overall Corporate Governance diserahkan secara langsung kepada Gatot M Suwondo, Direktur Utama BNI, di Jakarta, Rabu (30/1/2013) kemarin.

Gatot M Suwondo, Direktur Utama BNI (kiri)

Gatot pun mengatakan, sejak tahun 2007, manajemen BNI memang telah berkomitmen melaksanakan prinsip-prinsip GCG secara konsisten dalam menjalankan bisnisnya, sesuai dengan misi kelima BNI, yaitu menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik di industri perbankan Indonesia.

Langkah-langkah yang dilakukan BNI demi mewujudkan GCG adalah menerbitkan Corporate Governance Handbook, kode etik BNI, mengelola data governance dengan baik, dan mengaplikasikan Whistle Blowing System (WBS) secara efektif. Selain itu, BNI juga menerapkan program zero fraud dan operational risk self assessment (ORSA), yang berhasil menekan terjadinya fraud maupun potensi kerugian akibat risiko operasional.

“Upaya kami itu membuat BNI diakui sebagai bank terbaik yang mampu mengembangkan inovasi Good Corporate Governance (GCG) pada tahun 2012,” ujar Gatot.

Selain itu, ia menyebutkan, direksi BNI juga terus mengajak pegawai untuk melakukan lima arahan. Pertama, bekerja dengan hati yang bersih. Kedua, berpikir positif, bersatu, dan proaktif untuk bersinergi antar unit kerja. Ketiga, melayani nasabah dengan sepenuh hati, tanpa harus mengorbankan kehormatan.

Keempat, memelihara momentum pertumbuhan untuk menjadikan BNI lebih besar di industri perbankan nasional. Terakhir, selalu berdoa.(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved