Corporate Action Corporate Action

IIMS 2014 akan Diikuti 35 Brand APM

IIMS 2014 akan Diikuti 35 Brand APM

Menuju penyelenggaraan The 22nd Indonesia International Motor Show 2014 (IIMS) yang akan berlangsung di JIExpo Kemayoran pada tanggal 18 – 28 September mendatang, Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) kian memantapkan persiapan pameran otomotif terbesar di Tanah Air ini. Bekerja sama dengan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara pameran, berbagai perencanaan pembenahan dilakukan panitia untuk menyempurnakan kualitas IIMS dari berbagai sisi.

IIMS 2014

Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan bahwa tren pertumbuhan penjualan kendaraan tahun 2014 akan positif. Salah satu indikator perkembangan industri ini bisa dilihat dari penyelenggaraan IIMS yang telah memasuki tahun ke-22. IIMS semakin mempertegas posisi Indonesia sebagai salah satu negara produsen otomotif di Asia. “Kami juga berharap meningkatnya aktivitas perekonomian masyarakat di seluruh pelosok tanah air berdampak terhadap perkembangan positif pada industri kendaraan bermotor,” ujarnya.

“Penjualan kendaraan di tahun 2014 ini kalau kita lihat dari periode Januari sampai Maret sudah mencapai lebih kurang 329 ribu unit, dan angka sementara penjualan di bulan April sudah mencapai lebih kurang 180 ribu unit. Kalau kita lihat total, angka sementara dari Januari sampai April sudah mencapai 430 ribu unit,” tambah Sudirman.

Menurut Sudirman, industri otomotif mengalami pertumbuhan sebesar 6 persen dalam kurun waktu 7 tahun, yaitu dari tahun 2006 sampai tahun 2013. Angka penjualannya sebesar 1,2 juta unit. Walaupun waktu itu, ujar Sudirman, sempat mengalami sedikit penurunan pada tahun 2009, tetapi pada tahun 2010 sudah mulai membaik.

Dengan mengusung tema Smart & Safe Mobility, seluruh APM menyatakan kesiapannya dalam menunjukan teknologi, produk, dan inovasi terbarunya ke dalam IIMS tahun ini. Sebanyak 35 merk anggota Gaikindo yang terdiri atas 28 passanger cars dan 7 commercial vehicles akan kembali berpartisipasi dalam IIMS 2014 yang akan menempati seluruh area hall, meliputi area Hall A, B, C, dan D, serta seluruh area outdoor JIExpo Kemayoran.

IIMS 2014 akan diikuti oleh 35 brand APM (Agen Pemegang Merek) yang terdiri dari 28 passanger cars yang berpartisipasi, diantaranya adalah Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Daihatsu, Datsun, Dodge, FIAT, Ford, Honda, Hyundai, Infiniti, Jaguar, Jeep, KIA, Land Rover, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sementara untuk commercial cars akan hadir 7 brand, diantaranya adalah FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi, FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, dan UD Trucks.

Menurut Ketua Penyelenggara IIMS 2014, Johnny Darmawan, semua model akan membawa produk-produk terbaiknya karena mereka akan mengadu image pada IIMS tahun ini, dan IIMS bukan hanya untuk mengadu hasil penjualan, tetapi lebih kepada mengadu teknologi yang dikembangakan oleh para produsen.

Pria yang sudah berumur 62 tahun ini juga menambahkan, bahwa faktor yang membuat IIMS tahun ini lebih baik daripada tahun lalu adalah luas area IIMS tahun ini akan lebih besar dan pesertanya akan lebih banyak. Itu sudah merupakan indikasi bahwa IIMS tahun ini akan menjadi event yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tetapi, Johnny mengatakan bahwa keputusan ini belum final karena data-data yang diterima adalah per-April 2014.

Sebagai pembeda dengan tahun 2013, penggunaan lahan tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya. Total penggunaan lahan tahun ini sebesar 83.137 m2 atau meningkat 10 persen dari total luas lahan tahun lalu, yaitu sebesar 75.101 m2. Lalu, total eksebitor tahun ini meningkat menjadi 320 booth, dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 312 booth.

Mengenai visitor, tahun lalu mencapai 373.661 visitor, dan pada tahun ini panitia menargetkan 380.000 visitor. Setelah itu, pada tahun 2013, tema yang diusung adalah Smart & Vehicle Mobility, karena lebih concern ke kendaraan saja. Pada tahun ini, yaitu Smart & Safe Mobility, lebih kepada interkoneksi daripada transportasi, jadi dengan tema ini diharapkan konsumen dapat memilih mobil yang ramah lingkungan, hemat bahan bakar, dan juga yang mengandalkan keamanan, serta dapat mengandalkan teknologi-teknologi pada dunia otomotif.

Sebagai informasi, pada IIMS tahun ini juga akan diadakan lomba penulisan bagi para wartawan sebagai bentuk apresiasi IIMS kepada media. Direktur Operasional PT Dyandra Media International Tbk, Danny Budiarto, mengatakan, bahwa lomba penulisan kali ini akan mengusung tema IIMS 2014, yaitu Smart & Safe Mobility denga sub tema safety driving, kendaraan ekonomis yang ramah lingkungan, bahan bakar rendah emisi, dan cara cerdas berkendara. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved