Home » Corporate » Majukan Wirausaha Muda, Shell LiveWIRE 2013 Berhadiah Rp 250 Juta

Majukan Wirausaha Muda, Shell LiveWIRE 2013 Berhadiah Rp 250 Juta

PT Shell Indonesia kembali mengajak para wirausaha muda pemula untuk mengikuti ajang kompetisi tahunan “Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards (BSA) 2013”. Ajang yang memasuki tahun ke-7 penyelenggaraannya di Indonesia sejak diluncurkan di tahun 2006 ini merupakan salah satu program investasi sosial Shell Indonesia.

Shell LiveWIRE BSA didorong oleh semangat untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan anak muda Indonesia, membantu mengembangkan usaha sekaligus memberikan penghargaan atas usaha yang sudah dikembangkan mereka. Tahun ini, Shell LiveWIRE mengundang partisipasi untuk BSA 2013 yang pendaftarannya akan ditutup pada akhir Juli 2013. Program ini merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility  PT Shell Indonesia.

Ajang bertaraf internasional ini memberikan total hadiah uang tunai Rp 250 juta kepada 10 orang pemenang dan kesempatan untuk mendapatkan business coaching selama 2 tahun, juga kesempatan bergabung dengan jaringan wirausaha muda asuhan program Shell LiveWIRE dari 14 negara lain di dunia. Para pemenang pun berpeluang menjadi bagian dari di Shell LiveWIRE Internasional Hall of Fame. Pendaftaran BSA 2013 dimulai sejak April 2013 dan berakhir pada Juli 2013 mendatang.

Menurut Darwin Silalahi, Presiden Direktur PT Shell Indonesia, sejak tahun 2003 PT Shell Indonesia pun aktif melakukan pelatihan wirausaha bagi anak muda. “Kami ingin turut berperan dalam mengembangkan wirausaha di Tanah Air, khususnya di kalangan anak muda. Melalui program Shell LiveWIRE kami berharap semakin banyak anak muda yang termotivasi untuk menekuni kewirausahaan dan mempertimbangkannya sebagai sebuah pilihan karier,” jelasnya. Hingga tahun 2012, tercatat sudah lebih dari 5.000 anak muda yang mengikuti pelatihan Shell LiveWIRE.

Sejak tahun 2006, tercatat sebanyak 3.043 wirausaha muda di Jawa dan Bali telah mendaftar pada ajang kompetisi wirausaha muda pemula “Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards (BSA). Tahun 2013 ini, diharapkan jumlah peserta akan meningkat dibandingkan jumlah peserta tahun lalu yang mencapai 398 wirausaha muda. Sama seperti tahun sebelumnya, Shell LiveWIRE BSA 2013 akan mencari wirausaha muda berusia antara 18 – 32 tahun yang telah menjalankan usahanya mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan. Mereka diharapkan berasal dari berbagai bidang usaha seperti kuliner, fashion dan teknologi informasi dan berdomisili di Jawa dan Bali.

Nantinya, 10 orang pemenang Shell LiveWIRE BSA 2013 Indonesia akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 25 juta per orang serta kesempatan mengikuti coaching selama 2 tahun.  Selain itu, para pemenang pun berkesempatan menjadi anggota “Shell LiveWIRE International Hall of Fame” yang merupakan kelompok wirausaha terbaik yang mendapatkan manfaat dari progam Shell LiveWIRE di seluruh dunia.

Shell LiveWIRE International Hall of Fame

Sebagai bagian dari program sosial Shell Internasional, hingga saat ini program Shell LiveWIRE telah dijalankan di lebih dari 14 negara dan telah membantu mengembangkan lebih dari 2.800 bisnis baru serta menciptakan lapangan kerja bagi 8,900 tenaga kerja. Sejak program ini diluncurkan di Skotlandia tahun 1982, program ini telah memberikan kontribusi kepada lebih dari 1,3 juta anak muda dalam mengembangkan ide dan bisnisnya melalui informasi, saran dan dukungan yang diperolehnya. Bahkan membuka kesempatan kepada para pemenang dari berbagai negara untuk saling berkomunikasi dan berbagi pengalaman sebagai wirausaha muda.

Para pemenang Shell LiveWIRE dari seluruh dunia termasuk Indonesia berkesempatan untuk menjadi anggota dari Shell LiveWIRE International Hall of Fame, suatu konsep global unik yang menampilkan wirausaha terbaik yang mendapatkan manfaat dari program Shell LiveWIRE di seluruh dunia. Saat ini, ada 23 orang pemenang Shell LiveWIRE dari seluruh dunia yang masuk ke dalam Shell LiveWIRE International Hall of Fame. Empat diantaranya adalah pemenang Shell LiveWIRE BSA dari Indonesia.

Antonius Dian Adhi Feryanto, pemenang Shell LiveWIRE BSA 2008, adalah pemilik Pavettia Atisiri yang mengolah minyak esensial seperti minyak pala, pathoulv dan citronella yaitu bahan dasar dalam berbagai industri seperti minyak aroma, wewangian, makanan dan farmasi.  Roihatul Jannah, juga pemenang BSA 2008, adalah pemilik usaha Helmiat Bonceng Bocah, yang memproduksi tempat duduk yang bisa dibongkar pasang di bagian belakang sepeda motor. Giyatri Takarina, adalah juga anggota Shell LiveWIRE International Hall of Fame, yaitu pemilik Sungsang Batik yang berhasil meneruskan tradisi membatik warisan leluhur dengan membuat workshop batik pada 2007 lalu atau setelah gempa Yogya pada 2006.

Anggota terakhir dari Indonesia dalam Shell LiveWIRE International Hall of Fame adalah pemenang BSA 2009 Rifqi Suprapto, pemilik Agri 05 yang memanfaatkan bahan lokal seperti ubi jalar untuk menghasilkan makanan murah dan variatif bagi masyarakat seperti donut, brownies dan es krim.

Kesempatan untuk bergabung dalam jejaring “young entrepreneurs” di seluruh dunia melalui Shell LiveWIRE. Dunia wirausaha Indonesia menjadi semakin semarak dengan adanya berbagai prakarsa untuk mendukung kiprah “young entrepreneurs” baik dari pemerintah maupun swasta seperti Shell LiveWIRE. Salah satu keunikan Shell LiveWIRE selain dukungan bagi para wirausaha muda khususnya yang memenangkan BSA adalah kesempatan bagi siapapun untuk membangun jejaring internasional melalui Discussion Forum dan Social Network yang terdapat dalam website resmi Shell LiveWIRE yaitu www.shell-livewire.com. (EVA)

SHARE SOCIAL MEDIA

LEAVE A REPLY


4 + = six