Home » Corporate » Merck Maksimalkan Aksi Sosial Via Media Sosial

Merck Maksimalkan Aksi Sosial Via Media Sosial

Share :

    Melakukan kegiatan sosial melalui media sosial terbukti efektif meningkatkan partisipasi masyarakat baik secara online ataupun offline. Data Nielsen 2012 menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang. Pengguna ini menyumbang 24% dari total 260 juta populasi penduduk Indonesia. Mayoritas pengakses internet ini menggunakan media sosial untuk mengembangkan jejaring sosial (75%).

    Terkait fakta tersebut, produsen asal Jerman, PT Merck Tbk., membuat kegiatan tanggung jawab sosial (corporate social responsbility/CSR) melalui media sosial. “Didasari fakta bahwa Indonesia adalah salah satu pengguna media sosial terbesar, maka kami mengadakan kegiatan CSR Klik Hati Merck,” ujar Presiden Direktur PT Merck, Markus Bamberger, di Jakarta, Senin (6/5).

    Klik Hati Merck sudah berlangsung selama dua tahun. Tahun 2013 ini kembali dilanjutkan dengan mengambil tema  “Lanjutkan Aksi Sosialmu”. Kegiatan ini mengajak organisasi di Indonesia maupun individual yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, kesehatan, lingkungan dan kebudayaan, untuk mengirimkan ide sosialnya.

    Nantinya akan ada lima pemenang yang masing-masing mendapat Rp 10 juta. Pemenang akan menciptakan sebuah aksi sosial yang berkelanjutan melalui public workshop di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

    Di dua tahun kompetisi Klik Hati Merck sebelumnya dimenangkan oleh Sahabat Anak, Blood for Life, Blog Dokter, Coin a Chance, Ivan Lanin, Sahabat Anak, Indonesia Berkebun, Yatim Online, Indonesia Bercerita, Bale Bangong dan Akademi Berbagi.

    Bagi yang ingin berpartisipasi mengirim ide aksi sosialnya, bisa melalui www.klikhati.com dan ditunggu hingga 26 Mei 2013. Sejak dibuka tanggal 1 Mei lalu sudah ada 15 proposal yang masuk.

    “Kriteria proposal harus orisinil, harus menggunakan sosial media untuk mengumpulkan recources yang ada dan aksi sosial mereka harus berkesinambungan,” kata Alissa Wahid, salah satu juri Klik Hati Merck 2013, yang merupakan anak bungsu dari Mantan Presiden RI, Abdurrahman Wahid.

    Selain Klik Hati Merck, kegiatan CSR lain produsen obat asal Jerman ini yakni edukasi informal bagi remaja SMP-SMA yang tinggal di sekitar pabrik perseroan. Edukasi informal yang diberi nama “Dare to Change” ini sudah memasuki tahun ke-4 dan memberi pelatihan berbagai macam keterampilan seni seperti menari dan fotografi. (EVA)

    Share :

      SHARE SOCIAL MEDIA

      LEAVE A REPLY


      2 − one =