Promosikan Little Bandung, Ridwan Kamil Gandeng Diaspora

Walikota Bandung, Ridwan Kamil, tak mau melewatkan kesempatan untuk mempromosikan kebudayaan dan industri kreatif Bandung di luar negeri. Datang dalam acara kongres diaspora Indonesia, kang Emil- sapaaan Ridwan Kamil- meminta dukungan para diaspora untuk mempromosikan idenya mengenai Little Bandung.

Little Bandung sendiri memiliki perbedaan konsep dengan Little India yang terdapat di Singapura, Bila di Singapura Little India identik dengan kawasan warga asli maupun keturunan India. Beda halnya dengan Little bandung yang lebih menggambarkan sebuah tempat promosi daripada kawasan.

Ridwan-Kamil2 (1)

Walikota Bandung, Ridwan Kamil

Untuk pertama kalinya, Oktober nanti, Little Bandung siap dibuka di wilayah Hongdae, Seoul, Korea Selatan. Gedung tersebut akan dibangun empat lantai dengan berbagai macam peruntukan seperti lantai satu dan dua difungsikan sebagai kafe, lantai tiga sebagai tempat memasarkan barang-barang industri kreatif dan lantai empat menjadi galeri pameran. “Saya minta dukungan promosi dan jejaring koneksinya. Siapa tahu nanti bisa buka di mana-mana, tidak di Korea saja, tapi juga bisa di New York,” ujar Emil.

Konsep Little Bandung ini ia sebut merupakan salah satu contoh diplomasi kreativitas dari masyarakat Bandung. Ke depan ia berharap dengan adanya Litlle Bandung tak hanya anak muda Indonesia yang kesengsem budaya K-pop, tapi sebaliknya, anak muda di Korea juga bisa kenal lebih jauh mengenai Indonesia.

Potensi diaspora, yang tersebar di seluruh mancanegara ia katakan mampu membantu percepatan tujuan dari misi Little Bandung. Tak hanya Bandung, ia juga berharap nantinya kota-kota lain juga bisa melakukan hal serupa.

Seperti diketahui diaspora Indonesia kembali mengadakan kongres yang ke tiga, pada tanggal 12-13 Agustus 2015 di Jakarta mengusung tema “Diaspora Bakti Bangsa”.

Diaspora Indonesia adalah orang-orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, Warga Negara Asing (WNA) yang menikah dengan orang Indonesia, dan WNA yang tak mempunyai darah Indonesia sama sekali namun cinta terhadap Indonesia. Dari keterangan Kemenlu RI, ada sekitar 4,6 juta warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri. Sedangkan, warga negara asing keturunan Indonesia mencapai 1 juta. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Twitter “Nyalakan Indonesia #RI70”

Salah satu hari besar bagi bangsa Indonesia sudah di depan mata, dan Twitter Indonesia (@TwitterID) meluncurkan gerakan “Nyalakan Indonesia #RI70”...

Close