Dino Patti Djalal: Diaspora Sambut Baik Langkah Jokowi

Dino Patti Djalal, Founder Foreign Policy Community of Indonesia, mengatakan bahwa para diaspora menyambut baik langkah Presiden Jokowi untuk merangkul para diaspora. “Intinya kami ingin mulai menarik minat pengusaha Indonesia di luar negeri untuk lebih bersinergi dengan Tanah Air. Respon mereka baik, tapi tentunya mereka tetap ingin ada keuntungan dari sisi bisnis,” jelas Dino.

Dino Patti Djalal Dino Patti Djalal, Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia

Tetapi, Dino juga berpesan agar jangan memaksa para diaspora untuk kembali ke Indonesia jika tidak ada peluang yang terbuka untuk mereka. “Prinsipnya, biarkan mereka tetap di sana asal memberi sesuatu untuk Tanah Air,” papar Dino. Misal, lanjtut Dino, jika di luar negeri mereka punya perusahaan, maka outsourcing-nya ke Indonesia. Begitu juga jika ada program magang dan beasiswa bisa diberikan kepada mahasiswa Indonesia. “Jadi, mereka tetap makmur dan Indonesia mendapat manfaat juga,” ujar Dino.

Menyinggung persebaran diaspora, Dino mengatakan jumlah terbanyak ada di Malaysia sekitar 2 juta orang yang umumnya bekerja sebagai TKI. Lalu Singapura lebih banyak sebagai profesional selain sebagai pekerja rumah tangga. Di Taiwan seimbang antara pekerja rumah tangga dan professional. Di Korea Selatan, menurut Dino, kebanyakan juga sebagai TKI tapi memiliki saving US$ 2000/bulan. Sedangkan di negara-negara Amerika dan Eropa adalah para profesional dan pengusaha. Mereka berpendidikan sarjana dan masuk kelompok middle class.

Menurut Dino, selama ini para diaspora yang kembali ke Indonesia mencari peluang pekerjaan sendiri. Banyak juga yang diminta kembali ke Indonesia tapi setelah di sini tidak mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian mereka. “Seperti para teknisi pesawat pada jaman Presiden Habibie, mereka banyak yang tidak termanfaatkan. Saya bertemu dengan mereka di Ottawa, Kanada, mereka bekerja di industri pesawat terbang di Kanada. Jabatan mereka setara dengan level manajer ke atas,” paparnya.

Artikel terkait:

Begini Cara Optimalkan Peran Diaspora Indonesia

Diaspora Indonesia Butuh Instansi Khusus

Dino Patti Djalal, Marketer of The Year 2012

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)