Entrepreneur

Mantan Karyawan Garuda Ini Jadi Pengusaha Hotel

Mantan Karyawan Garuda Ini Jadi Pengusaha Hotel

Ana E. Dartania baru saja membuat sebuah keputusan besar dalam peta kariernya yaitu dari pekerja profesional menjadi wirausaha. Ana, sebelumnya menjabat sebagai Senior Manager Digital Marketing Communication PT Garuda Indonesia Airlines.

Selama lima tahun (2010-2015) di posisi tersebut, ia dan timnya berhasil membangun sistem pemasaran digital untuk Garuda Indonesia, hingga mampu berkontribusi sebesar 17% terhadap penjualan. Tetapi justru di puncak kariernya, ia memutuskan meninggalkan dunia profesional dan menabtang dirinya di dunia wirausaha.

Apa dan bagaimana Ana memulai bisnis barunya yang bergerak di bidang yang cukup baru yakni hotel optimizer, dengan brand Nida Room. Berikut kutipan wawancara SWA Online dengan Ana E. Dartania.

Kenapa memilih pindah jalur dari profesional menjadi wirausaha ?

Karena dalam hidup saya berprinsip kalau sudah mulai merasa nyaman di distage tertentu maka itu pertanda untuk kita harus pindah ke next stage yang lebih menantang lagi, karena kalau kita terlalu lama comfort zone itu maka diri kita bisa ‘mati’, kreativitas dan produktivitas. Saya senang menantang diri sendiri, karena hidup ini terdiri dari 3 C : choices, changes dan challenges. Maka ketika saya bertemu seorang teman (founder Nida Room) dan dia menawarkan untuk memberikan saya kesempatan membuka usaha sendiri dengan brand Nida Room itu saya sempat berpikir lama.

Berat juga meninggalkan pekerjaan saya sebelumnya, karena saya merasa sudah sangat menyatu dengan pekerjaan itu. Tim yang mendukung saya di sana pun sudah sangat solid. Tetapi saya ingat lagi, kesempatan tidak datang dua kali. Maka akhirnya saya memutuskan resign dari Garuda Indonesia, dan mulai membangun Nida Room.

Jadi konsep bisnis Nida Room ini seperti apa ?

Nida room itu konsepnya sebenarnya adalah hotel agregator. Misi kami mau menjadi nomor satu branded room hotel di Indonesia, khususnya untuk hotel-hotel budgeting. Jadi hotel budget di Indonesia sekarang sedang menjamur. Tetapi penjualan kamarnya rata-rata hanya 60an %. Maka, Nida Room akan membantu mereka menaikkan penjualannya jadi seperti hotel room optimizer.

Caranya pertama-tama kami lakukan akuisisi, tim kami akan melakukan deal dengan pemilik hotel, kalau mereka mau maka bisa dimulai dengan mereka memberikan 5 kamarnya untuk kami branding menjadi Nida Room, lalu kami jual lewat situs online dan aplikasi kami dengan nama Nida room. Harganya? Dari pihak hotel kami diberi potongan 60 % dari harga jual normalnya.

Seperti apa sistem kerjasamanya dengan pihak pemilik hotel ?

Jadi pihak hotel mendapatkan benefit karena kamarnya yang nganggur bisa terjual lewat kami tetapi memang dijual atas nama Nida Room. Di dalam kamar kamiakn pasang label-label Nida Room di produk amenities dan handle pintu. Semua itu bisa dilepas kapan saja, jika saat tertentu pihak hotel butuh untuk pakai kamar tersebut. Misalnya disaat peak season, pihak hotel bisa melepas semua label Nida Room dan menjual kamar tersebut atas nama mereka sendiri. Tetapi setelah mulai kembali sepi, kami bisa kembali membantu menjual kamar itu lagi.

Saat ini sudah ada berapa kamar ?

Saat ini sudah ada 500 kamar di 100 hotel di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Medan, Bali, dan Surabaya.

Siapa segmen pasar yang disasar Nida room ?

Kalau hotelnya yang kami sasar adalah hotel bintang tiga ke bawah, pokoknya budget hotel. Terutama mereka yang butuh hotel room optimizer, mau kami garap. Kedua, untuk end user, kami menyasar para backpacker, orang-orang yang berpergian dengan budget ketat, atau mereka yang on duty tapi maunya nyari tempat menginap yang murah tetapi nyaman, aman dan akses kemana-mana mudah. Kamar yang kami tawarkan harganya rata-rata bisa dibawah Rp 100 ribu per malam.

Jadi tahun ini targetnya berapa kamar yang akan dijual ?

Target kami samapai akhir tahun 2015 ini 600 hotel jadi sama dengan 3000 kamar. Kemudian tahun depan kami akan fokus untuk mengimproved pelayanan kami di kamar yang kami jual. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved