Home » Entrepreneur » Rossa Makin Agresif Kembangkan Bisnis Diva Karaoke

Rossa Makin Agresif Kembangkan Bisnis Diva Karaoke

Bisnis karaoke menjamur di kota-kota besar. Tapi, karaoke yang sungguh-sungguh bersih dan aman masih sulit ditemukan. Maka, PT Diva Lestari memberanikan diri terjun ke dalam bisnis hiburan ini dengan brand karaoke yang aman untuk keluarga, khususnya kaum perempuan. Perusahaan yang menaungi Diva Family Karaoke (Diva) ini dimiliki oleh artis Rossa yang sekaligus menjadi brand ambassador.

Rossa brand ambassador Diva Family Karaoke

“Menjalankan bisnis karaoke yang bersih dari tindakan asusila memang susah-susah gampang, apalagi mayoritas pengunjung adalah perempuan. Siasatnya, tiap pintu ruang karaoke diberi jendela kaca agar petugas bisa memeriksa sewaktu-waktu. Kedoknya sih, menanyakan apakah pengunjung ingin pesan minuman lagi, tapi sebenarnya untuk menghindari penyelewengan,” ungkap Rossa (26/11).

Bercermin dari negara asal karaoke, yaitu Jepang, strategi pemasaran bisnis ini telah berkonvergensi dengan persewaan alat musik dan kursus bahasa Inggris, demi mempertahankan pelanggan. Maka, mestinya ada hal lain yang dilakukan Diva untuk menggebrak pasar. “Sebagai seseorang dengan latar belakang pendidikan humas, saya berpikir, apa inovasi yang harus dilakukan? Ternyata belum ada karaoke yang meresmikan gerai serentak oleh 1 orang saja. Itulah mengapa saya akan meresmikan 5 gerai Diva di Harapan Indah Bekasi, Kalibata, Salemba, Thamrin, dan Alam Sutra Tangerang serentak tanggal 2 Desember 2012,” jelas pemilik album The Best of Rossa yang telah terjual 2 juta kopi ini.

Apa pengaruhnya posisi Rossa sebagai brand ambassador dan salah satu pemegang saham untuk bisnis Diva? Pernah terjadi, salah satu gerai di daerah sepi pengunjung. Begitu Rossa turun tangan melakukan grand opening, gerai tersebut selalu ramai. Strategi ini terbukti jitu untuk brand awareness, selain karena Rossa seorang penyanyi perempuan, kelahiran Sumedang 1978 ini memang sedang memiliki reputasi yang baik sepulang naik haji Oktober silam. Selain Rossa, selebritas Indonesia yang membuka bisnis sejenis adalah Inul Daratista, Maia Estianty, dan Charly “Setia Band”.

General Manager PT Diva Lestari, Handry Dwinanto, menambahkan, “Diva diproyeksikan berkembang hingga 100 gerai di seluruh Indonesia dalam 5 tahun. Langkah promosinya merupakan sinergi antara kebijakan gerai pusat dengan cabang. Prinsipnya, menjaga Diva tetap bersih.” Salah satu program promosi Diva dilakukan bersama Kartu Kredit Panin. Dan untuk mendongkrak pendapatan, Diva mengambil hak distribusi tunggal DVD karaoke keluaran Trinity Optima Production.

Handry dan Rossa tentu bisa optimistis sebab dari rencana pembukaan 10 gerai baru per tahun, Diva dapat merealisasikan jumlahnya hingga 3 kali lipat dalam 1 tahun saja. Dengan mengenakan biaya waralaba sebesar Rp 300 juta, Diva diperkirakan akan mencapai break even point dalam 2-3 tahun. (EVA)

SHARE SOCIAL MEDIA

RELATED POSTS

Sorry, no related post.

LEAVE A REPLY


6 × = eighteen