Entrepreneur

Wawan Salum, Bankir yang Terjun di Bisnis Kuliner

Wawan Salum, Bankir yang Terjun di Bisnis Kuliner

Pengalaman Wawan Salum sebagai bankir senior sudah tidak diragukan lagi. Jam terbangnya di industri perbankan telah melewati rentan waktu selama 15 tahun melintasi berbagai institusi, mulai dari HSBC, Citibank, DBS. Puncaknya pada tahun 2012, pria kelahiran tahun 1963 itu merasa jenuh dengan pekerjaan. Ia mulai berpikir untuk mengerjakan sesuatu yang lain. Ia pun mendirikan PT Salumfoodz bersama seorang rekannya dan mengundurkan diri dari perusahaan yang memperkerjakannya.

Di bawah naungan Salumfoodz, setidaknya perusahaan tersebut telah memiliki beberapa brand restoran dengan tiga nama. Ketiganya ialah Marketbar, Demenu Resto, dan Lot 9 Resto. “Kenapa kuliner, karena saya senang makan. Lalu saya senang interior design, bicara dengan arsitek, saya senang musik. Kalan kalau restauran itu kombinasi semua itu,” ujar Wawan ketika berbincang dengan SWA Online.

Bila dirik secara konsep restoran-restoran yang diusung Salumfood memang tak jauh dari kesan modern. Banyak di antaranya bahkan yang beroperasi di pusat-pusat perbelanjaan kelas menengah atas seperti Grand Indonesia. Marketbar terdapat di Mall Kota Kasablanka, Demenu Resto di Grand Indonesia dan Bintaro sektor 7, serta Lot 9 Resto yang berada di Bintaro sektor 9.

07Di Demenu dan Lot 9 misalnya tampilan luar dan dalam restauran tersebut terkesan trendi dan nyaman untuk dikunjungi keluarga. Berbeda dengan Marketbar yang lebih mengedepankan ‘image’ sebagai tempat nongkrong. “Kalau Demenu dan Lot 9 Resto cocok untuk makanan keluarga, ia merupaka authentic Indonesian bistro atau makanan tradisional Indonesia yang dikemas dalam kesan modern. Kalau Marketbar lebih tempat nongkrong dan juga perpaduan masakan indonesia dan luar negeri,” ujarnya.

Meskipun respon masyarakat terhadap kehadiran brand Salumfoodz bisa dikatakan baik. Namun rupanya, Wawan tak bisa melepas begitu saja pengalamannya di dunia perbankan. Tiga tahun menjalani bisnis kuliner, ia mengaku punya rasa rindu terhadap industri yang telah membesarkan namanya tersebut. “ Tapi setelah 3 tahun, saya kangen dan kembali ke bank,” ujarnya.

Apalagi industri perbankan saat ini ia katakan telah bergerak begitu dinamis dan makin menarik. Terlebih memasuki digital aspek yang mengubah sistem dan operasional perbankan. “Jadi saat ini Salumfoodz lebih banyak di-handle dan kontrol langsung oleh partner saya.

Profil

Marketing Manager General Motor ( 1995-1997) Card Marketing Director Citibank ( 1997-2005) Credit Card and Personal Loan Head ABN AMRO Bank N.V. (2005-2006) Credit Card and Personal Loan Head HSBC (2006-2008) Country Marketing Head HSBC (2008-2010) Consumer Banking Director HSBC (2010-2012) Managing Director – Consumer Banking Bank DBS Indonesia (2016-sekarang)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved